Disdukcapil Rohil Sosialisasikan Pembuatan dan Rekam KTP ke SMA

Selasa, 03 Maret 2020 | 10:04:45 WIB
Disdukcapil Rohil Sosialisasikan Pembuatan dan Rekam KTP ke SMAi Foto:

GENTAONLINE.COM - Beda daerah beda pula cari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dsidukcapil) dalam melayani masyarakat. Seperti yang terjadi di Rokan Hilir, Riau. Jika pelayanan lainnya sama dengan daerah lain, namun khusus untuk pelajar SMA yang sudah berumur 17 tahun, Disdukcapil Rohil memberi perlakuan khusus.

Perlakuan itu ditunjukkan saat aparat Disducapil Rohil melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang pentingnya data kependudukan khusus kartu tanda penduduk (KTP). Sosialisasi dilakukan agar para pelajar paham bagaimana mengurus akta kelahiran, KTP dan data kependudukan lainnya.

''Kita melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang pentingnya data kependudukan baik KTP, akta kelahiran dan lain-lain. Serta bagaimana mengurusnya baik baru ataupun hilang. Bagi mereka yang belum memiliki KTP, langsung kita rekam, kalau sudah siap KTP-nya, kita antar ke sekolah,'' ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Rokan Hilir Riau, Basarudin SH , Senin (2/3/2020).

Dikatakan, sosialisasi ke sekolah menengah atas tersebut penting karena umumnya pelajar, terutama yang kelas tiga akan menyelesaikan studi, dan mereka bersiap-siap kuliah atau kerja.

''Jadi kalau tidak punya KTP, tentu ini akan menyulitkan anak-anak kita melanjutkan studi ataupun mau kerja. Jadi kita prioritaskan mereka dapat KTP sebelum tamat,'' jelasnya.

''Kemaren, kami sudah ke SMAN I Bangko. Usai sosialisasi kita lakukan pendataan kepada siswa yang berusia 17 tahun, dan kita rakam. Dan ketika KTP-nya siap, kami akan antarkan ke sekolah tersebut,'' jelas Basarudin sambil menujukkan 35 lembar KTP pelajar SMAN I Bangko yang sudah selesai dicetak.

Dikatakan, pihaknya juga akan turun ke sekolah-sekolah lainnya untuk melakukan sosialisasi mengenai data kependudukan, termasuk akan melakukan rekam KTP di sekolah tersebut. ''Ini akan terus kita lakukan,'' jelasnya. Saat ditanya soal blanko KTP, Basarudin mengatakan, untuk Rokan Hilir, blanko KTP cukup dan tidak mengalami kekurangan, hanya saja kadang ada kendala pada perangkat atau tenaga yang bertugas.

''Yang mengurus data kependudukan ramai, jadi kita buat sistem antrian, biar semua terlayani. Apalagi kadang banyak juga warga yang mengurus pindah, atau mengurus data kependudukan karena yang lama sudah hilang,'' ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang datang ke Disdukcapil Rohil, Basir mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil karena urusannya cepat selesai. ''Alhamdulillah, kami berurusan sangat cepat disini. Satu hari siap,'' ujar warga Panipahan ini.(grc)

Tulis Komentar