KPU Kampar Tetapkan Pemenang Lomba Maskot dan Jingle Pilkada Kampar 2024, Penuh Makna dengan Kearifan Lokal

Selasa, 21 Mei 2024 | 20:58:31 WIB
KPU Kampar Tetapkan Pemenang Lomba  Maskot dan Jingle Pilkada Kampar 2024, Penuh Makna dengan Kearifan Lokali Foto: KPU Kampar Tetapkan Pemenang Lomba Maskot dan Jingle Pilkada Kampar 2024, Penuh Makna dengan Kearifan Lokal.

KAMPAR - Melaksanakan rangkaian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar akhirnya menetapkan pemenang lomba Maskot dan Jingle Pilkada 2024.

Penetapan ini dilakukan setelah melalui  penilaian tim juri dan ditetapkan di Bangkinang pada 17 Mei yang lalu. 

Ketua KPU Kabupaten Kampar, Andi Putra di Bangkinang (21-05-24) menjelaskan  lomba Jingle dan Maskot adalah bagian dari Pilkada 2024. Maskot dan Jingle ini haruslah melambangkan tema dan visi misi Pilkada di daerah tersebut. "Untuk Kabupaten Kampar tema Pilkada kita adalah Pilkada Bersaudara, yaitu pilkada yang Bersih, Santun, Damai,  Religius dan Akuntabel " jelas Andi Putra. 

Dijelaskanya, dari sekian banyak peserta yang mengirimkan hasil karyanya, ditetapkan tiga pemenang masing masing untuk Jingle dan Maskot. 

"Tentu saja tim juri bersama dengan KPU Kampar melalui perdebatan yang panjang karena masing masing masing karya yang dikirimkan bagus dan sangat menarik. Sehingga akhirnya ditetapkan pemenang", ujar Andi. 

Hasil karya pemenang pertama nantinya akan diresmikan dan diperkenalkan dalam acara Peluncuran Tahapan Pilkada Kampar pada Juni mendatang sebagai Jingle dan maskot resmi Pilkada 2024.

Jingle dan maskot yang menang ini memang penuh dengan muatan lokal daerah, karena visi Jingle dan Maskot Pilkada Kampar harus membuat tiga hal, pertama Pilkada sebagai perwujudan kedaulatan rakyat untuk memilih pemimpin secara langsung dan demokratis. 

Kedua harus merefleksikan masyarakat Kampar yang multi etnis dengan kondisi geografis yang ada, dan yang ketiga merefleksikan kultur budaya Kampar yang religius sebagai negeri serambi Mekah nya Riau. 

"Dan alhamdulillah dari sekian banyak karya kita dapatkan pemenang yang sesuai dengan ini, yang benar benar mencerminkan kearifan lokal Kampar " ujarnya. 

Untuk Maskot misalnya pemenangnya adalah Sikowan, merupakan  karakter burung Kuaghan yang merupakan satwa khas dan unik dari Kampar. 

Burung Kuaghan ini merupakan burung yang muncul secara berkelompok (berkawan kawan), muncul musiman, cocok dengan tema pilkada Kampar 2024, persaudaraan. Secara rinci berikut pemenang untuk lomba Jingle dan Maskot Pilkada 2024:

Untuk Maskot:

Pemenang pertama : Sikowan, karya Rahmat Satria (karakter burung Kuaghan) 

Pemenang kedua: Si Lempong karya Eka Yuliani, (karakter alat musik Calempong) 

Pemenang ketiga: Si Raka karya Erwita Fitri (karakter  ikan patin) 

Sedangkan untuk pemenang lomba Jingle, adalah pemenang pertama : lagu pilkada untuk kita, karya  Fadhil Fitra Handinata. 

Pemenang kedua lagu Pilkada, karya Junid

Pemenang ketiga lagu Pilkad Kampar Bersaudara karya Rahmad Hidayat. 

"Dalam jingle inipun ada unsur daerah Kampar, dan menarik untuk didengarkan" jelasnya. 

Diharapkan Andi, dengan adanya jingle dan maskot pilkada Kampar 2024 ini maka akan bisa menyatukan masyarakat Kampar dalam ajang perhelatan pemilihan yang penuh persaudaraan.(Rls)

Tulis Komentar