Demokrat soal Posisi 3 Besar Parpol: Berkat Menang Lawan Moeldoko

Rabu, 23 Februari 2022 | 08:25:32 WIB
Demokrat soal Posisi 3 Besar Parpol: Berkat Menang Lawan Moeldokoi Foto:

GENTAONLINE.COM - Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat meyakini faktor kemenangan melawan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko ikut memberi andil terkait kenaikan elektabilitas partai ke posisi tiga menurut hasil survei Litbang Kompas, Senin (21/2).

Deputi Bappilu Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengatakan, kemenangan Demokrat di bawah Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melawan Kongres Luar Biasa (KLB) oleh Moeldoko memberi pengaruh pada kenaikan partai.

"Tentu tak mudah sebagai partai oposisi melawan KSP Moeldoko, namun ujian kepemimpinan ini bisa dilewati dengan gemilang yang membawa kemenangan demokrasi dan akal sehat, sekaligus membawa Partai Demokrat dan Mas Ketum AHY naik level," ucap Kamhar , Selasa (22/2).

Kemenangan itu, katanya, sekaligus membuktikan kualitas AHY sebagai Ketum partai. Namun begitu, di sisi lain, ia tak menafikan faktor capaian Partai Demokrat selama Pilkada 2020 lalu.

Pihaknya mencatat, pada Pilkada 2020, Demokrat mencapai kematangan hingga 47 persen dari target 37 persen.

"Ini menghantarkan semakin banyak kader utama Partai Demokrat yang mengemban mandat rakyat di pemerintahan," katanya.

Sementara itu, Wakil Sekjen Partai Demokrat, Irwan, menyatakan hasil survei tersebut menunjukkan partainya lolos dari jebakan presidential treshold. Dia pun, meyakini pada 2024 Demokrat akan finish di posisi tiga besar, bahkan tak menutup kemungkinan berada di puncak.

Menurut dia, capaian itu merupakan buah dari keberhasilan AHY memang dalam proses hukum melawan Moeldoko, sehingga melahirkan citra AHY sebagai pemimpin yang tegas dan berani.

"Ketum AHY berhasil jadi wajah Demokrat di publik. Itu juga memberikan implikasi positif bagi partai," katanya.

Dalam rilis surveinya, Litbang Kompas menempatkan Demokrat di posisi ketiga di bawah PDIP dan Gerindra dengan angka 10,7 persen. Sedangkan di posisi pertama ada PDIP dengan 22,8 persen, serta Gerindra 13,9 persen.

Posisi Demorkat menyalip elektabilitas tiga parpol yang berdasarkan hasil Pemilu 2019 berada di atas mereka, yakni Golkar, NasDem, dan PKB. Berdasarkan survei ini pula, Demokrat menjadi parpol dengan peningkatan elektabilitas tertinggi.(cnn)

 
Tulis Komentar