Buka KTT ke-43, Jokowi: Jadikanlah Kapal ASEAN sebagai Ladang Tumbuhkan Kerja Sama

Selasa, 05 September 2023 | 13:29:36 WIB
Buka KTT ke-43, Jokowi: Jadikanlah Kapal ASEAN sebagai Ladang Tumbuhkan Kerja Samai Foto:

GENTAONLINE. COM - Di tengah berbagai tantangan global dan persaingan kekuatan besar, ASEAN menempatkan diri sebagai penyeimbang yang berfokus pada kerja sama konstruktif.

Begitu yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat membuka acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC) pada Selasa (5/9).

Jokowi menyoroti nilai kesatuan dan kesetaraan yang menjadi nilai utama dalam tubuh ASEAN. Kolaborasi keduanya disebut Presiden menjadi pendorong utama kemajuan ASEAN.

"Kesetaraan justru menjadi value utama yang kita hormati dan kita junjung bersama dalam bingkai persatuan dan kebersamaan sehingga kapal besar ASEAN dapat terus melaju," ungkap Jokowi.

Dengan nilai-nilai yang dimiliki, Jokowi menekankan bahwa ASEAN memiliki komitmen kuat untuk menjalin kerja sama dengan siapa pun dan sepakat untuk tidak menjadi proksi bagi kekuatan manapun.

"ASEAN sudah sepakat untuk tidak menjadi proksi bagi kekuatan manapun dan kerjasama dengan siapa pun untuk perdamaian dan kemakmuran," tegasnya.

Dia berpesan agar ASEAN menjadi arena kerja sama yang mencetak kemakmuran, stabilitas dan perdamaian kawasan.

"Jangan jadikan kapal kami ASEAN sebagai arena rivalitas yang saling menghancurkan. Tapi jadikanlah kapal ASEAN ini sebagai ladang untuk menumbuhkan kerja sama," kata Jokowi.

Para pemimpin yang hadir dalam pembukaan ASEAN meliputi Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chinh, PM Kamboja Hun Manet, PM Laos Sonexay Siphandone, PM Malaysia Anwar Ibrahim, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, PM Singapura Lee Hsien Loong, Presiden Filipina Ferdinand Marcos, PM Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao dan Ketua Delegasi Thailand Sarun Charoensuwan.

Kemudian hadir pula perwakilan negara mitra yakni PM Kepulauan Cook Mark Brown selaku ketua Pacific Island Forum (PIF) dan Presiden Bangladesh Mohammad Shahabuddin selaku ketua Indian Ocean Rim Association (IORA).

Mereka akan mengikuti serangkaian acara KTTT yang berlangsung pada 5 hingga 7 September mendatang.(rml)

Tulis Komentar