Belum Ditemukan Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Riau

Selasa, 14 Juni 2022 | 09:12:10 WIB
Belum Ditemukan Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Riaui Foto:

GENTAONLINE.COM - Subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 belum terdeteksi di Provinsi Riau. Pasalnya saat ini kasus Covid-19 tidak ada lonjakan kasus. 

Subvarian Omicron tersebut telah terdeteksi di Indonesia. Subvarian tersebut diketahui memiliki tingkat kesakitan rendah pada pasien yang terkonfirmasi positif.

Ada 4 kasus subvarian baru BA.4 dan BA.5 pertama yang dilaporkan di Indonesia pada 6 Juni 2022. Dimana 4 kasus itu terdiri dari 1 orang positif BA.4 seorang WNI dengan kondisi klinis tidak bergejala serta vaksinasi sudah dua kali. Sisanya 3 orang kasus positif BA.5.

"Sejauh ini pantauan kita belum ditemukan subvarian Omicron pasien Covid-19 di Riau," kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Riau, dr H Surya Hajar Fitria Dana Sp.P,(K).FISR.FICCP, Senin (13/6/2022).

Meski belum ditemukan kasus subvarian Omicron tersebut, namun masyarakat Riau diminta untuk waspada dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

"Kuncinya Prokes. Kalau kita tetap Prokes, misalnya di dalam ruang tetap menggunakan masker, Insya Allah penularan bisa dicegah," ujarnya. 

Lebih lanjut Surya Hajar menerangkan perkembangan Covid-19 di Riau. Dimana selama enam hari di Riau tidak terdapat penambahan kasus harian.

"Ini artinya kasus di Riau sudah jauh menurun. Bahkan saat ini tidak ada satupun pasien yang dirawat di rumah sakit. Rata-rata pasien di Riau bergejala ringan dan melakukan isolasi mandiri di rumah," tukasnya. (rtc)

Tulis Komentar