Sedikit Mahal Asal Awet, Berikut 6 Tips Memilih Printer untuk di Rumah

Ahad, 15 Mei 2022 | 00:12:28 WIB
Sedikit Mahal Asal Awet, Berikut 6 Tips Memilih Printer untuk di Rumahi Foto:

GENTAONLINE.COM-Tips memilih printer untuk di rumah dapat membantu Anda yang bingung ketika akan membeli ATK satu ini. Sebagai mesin pencetak dokumen, tentu kualitasnya perlu mendapat perhatian. Jangan sampai berkas penting menjadi kurang bagus karena alat pencetak yang tidak maksimal.

Jenis printer yang beragam juga sering menambah kebingungan calon pembeli, mana yang paling sesuai untuk memudahkan pekerjaan kita. Beberapa tipe bukan hanya bisa mencetak dokumen biasa, tetapi juga foto, bahkan mampu men-scan dan fotocopy dengan kecepatan tinggi. Soal harga juga bervariasi, anda dapat menyesuaikan dengan keuangan yang telah disiapkan sebelumnya.

Cara Memilih Printer untuk Pemakaian di Rumah
Sebelum membeli, sebaiknya anda mempertimbangankan kebutuhan dan intensitas penggunaan. Jika hanya khusus untuk mencetak dokumen biasa, printer standar sudah cukup. Namun untuk menunjang berbagai keperluan, sebaiknya memilih jenis yang multifungsi dan berkualitas. Meski harganya lebih tinggi, sebanding dengan fungsinya. Jadi anda tidak perlu merasa rugi untuk mengeluarkan dana dalam jumlah besar. Apa saja yang perlu mendapat perhatian? Berikut tips memilih printer untuk di rumah:

Belilah printer baru
Harga printer second memang lebih murah. Tetapi Anda tidak tahu kondisi aslinya.  Jika ada kerusakan sedikit saja, maka tidak dapat berfungsi. Solusinya harus memanggil teknisi dan mengganti spare part yang bisa  jadi tidak sedikit biayanya. Jika hal ini terjadi, maka keinginan untuk berhemat pasti gagal. Bahkan justru terpaksa mengeluarkan uang dalam jumlah lebih banyak. Oleh karena itu, sebaiknya membeli printer baru yang jelas kondisinya. Meski ada selisih harga, namun terjamin kualitasnya.

Untuk jenis, sebaiknya pilih yang menggunakan teknologi terbaru karena biasanya lebih mudah untuk mendapatkan spare part. Saat ini jenis tanpa kabel banyak yang menggunakan. Anda dapat mencari rekomendasi printer wireless yang sesuai dengan kebutuhan. Harganya mungkin sedikit lebih mahal dari tipe lama. 

Pilih merek yang terkenal
Merek suatu produk barang elektronik dapat memberikan jaminan kualitasnya. Jangan membeli produk dari merek yang kurang mendapat tempat di hati pengguna. Untuk menarik pembeli, biasanya mereka akan menurunkan harga dan menjual dengan murah. Brand yang sudah mempunyai nama akan menjaga kualitasnya karena berkaitan dengan kepercayaan pelanggan. Tidak salah jika Anda memilih printer dari brand tersebut.

Lihat fungsinya
Produsen banyak yang melengkapi printer dengan berbagai fitur sehingga menjadi multifungsi. Bukan hanya mencetak dokumen dalam kertas folio saja, tetapi juga foto, scan dan fotocopy. Semakin lengkap fitur yang tersedia, tentu harganya bertambah mahal. Sebelum memutuskan untuk membeli, tentukan kebutuhan anda untuk apa saja.  Namun sebagai persiapan, tidak ada salahnya membeli printer tipe multifungsi. Ketika membutuhkan fitur yang lain, Anda tidak perlu bingung dan membeli produk baru.

Jangan lupa untuk menanyakan kepada teknisi atau bagian penjualan, bagaimana mengoperasikan masing-masing fitur tersebut. Kesalahan yang dilakukan dapat berakibat fatal, yaitu kerusakan yang mungkin tidak ditanggung oleh garansi. 

Perhatikan garansinya
Keuntungan membeli printer baru adalah akan mendapatkan fasilitas garansi. Jadi jika terjadi kerusakan dan perlu service atau ganti spare part, tidak perlu mengeluarkan uang tambahan. Semua ditanggung oleh toko atau pabrik, tergantung isi perjanjian yang tertera dalam kartu garansi. Perhatikan baik-baik ketentuan garansi. Beberapa kerusakan tidak ditanggung sehingga Anda harus mengeluarkan biaya untuk hal ini. Ada dua jenis garansi, yaitu pabrik dan toko. Jangan sampai keliru ketika harus melakukan klaim.

Jangan lupa tanyakan layanan purna jual
Layanan purna jual sangat penting untuk semua barang elektronik, termasuk printer. Secara berkala Anda perlu melakukan service. Selain itu ketersediaan spare part harus mudah dan terjangkau. Beberapa merek menyediakan layanan purna jual yang sangat bagus, yaitu dengan memberi free service dan maintenance. Ada juga yang menggratiskan penggantian spare part sampai waktu pemakaian tertentu.

Sesuai budget
Setelah menentukan tipe printer yang diinginkan, saatnya berburu. Harga printer sangat bervariasi tergantung kualitas dan fitur yang tersedia. Sebaiknya buat list yang sesuai dengan kriteria kemudian mencari informasi kisaran harganya.  Selain harga printer, pertimbangkan juga jenis tinta yang digunakan. Tinta adalah item utama untuk mencetak dokumen. Anda dapat memilih printer dengan tinta murah agar hemat pengeluaran. Sebaiknya juga mencari informasi tempat membelinya. 

Untuk kebutuhan di rumah, tidak ada salahnya membeli printer dengan harga mahal yang penting awet. Harga barang yang murah apabila jarang dalam penggunaan justru kemungkinan akan timbul kerusakan karena kurang terawat.

Epson adalah salah satu merek yang memproduksi printer dengan kualitas terbaik. Terdapat berbagai seri yang bisa menjadi pilihan, salah satunya rekomendasi printer Epson adalah seri L210. Seri ini mempunyai banyak keunggulan diantaranya adalah:

1. Hanya membutuhkan daya yang kecil, yaitu 15 watt

2. Penggunaannya all in, bisa untuk berbagai keperluan seperti mencetak dokumen, foto, fotocopy dan scan

3. Cara kerjanya termasuk cepat, yaitu mampu mencetak dokumen sekitar 27 lembar dalam waktu satu menit. Untuk mencetak foto hanya perlu waktu sekitar 69 detik saja

4. Hasil cetakan lebih bagus jika dibandingkan dengan seri L lainnya

 

Anda dapat membeli printer Epson L210 di Blibli, marketplace terpercaya yang menyediakan berbagai produk dengan kualitas terbaik. Bertransaksi di Blibli sangat aman karena semua seller terseleksi dan hanya menyediakan produk sesuai dengan spesifikasi yang tertera dalam deskripsi produk.

Tips memilih printer untuk di rumah harus benar-benar selektif. Sebaiknya tidak terpaku pada harga yang murah. Lebih baik membeli produk yang sedikit mahal namun terjamin kualitasnya.  Salah satu pilihan terbaik adalah Epson L210. (Genta/rls)

Tulis Komentar