Meski Prioritaskan Vaksin Kedua, Warga Pekanbaru Juga Bisa Dapatkan Vaksin Booster

Rabu, 09 Februari 2022 | 09:48:55 WIB
Meski Prioritaskan Vaksin Kedua, Warga Pekanbaru Juga Bisa Dapatkan Vaksin Boosteri Foto:

GENTAONLINE.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah menjalankan vaksinasi booster. Namun, vaksin kedua masih menjadi prioritas lantaran masih belum memenuhi target sasaran.

Pemko memiliki target sasaran sebanyak 748.096 warga. Realisasi vaksin pertama sudah melebihi target, yakni sebanyak 818.635 warga. Sedangkan vaksin kedua sebanyak 630.403 warga.

"Vaksin ketiga atau booster sebanyak 36.212 warga," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Selasa (8/2/2022).

Saat ini, jumlah stok vaksin di Kota Pekanbaru mencapai 70 ribu dosis. Jumlah itu mencukupi untuk pelaksanaan vaksin kedua.

"Stok vaksin kita mencukupi, kemarin masuk. Sekarang jumlah stok vaksin kita ada sekitar 70 ribu dosis. Jenisnya Coronavac, Astrazeneca dan Pfizer," jelasnya.

Vaksin booster, bisa dapatkan di Puskesmas-Puskesmas maupun rumah sakit pemerintah. Namun, saat ini Dinkes memprioritaskan untuk vaksin kedua. Masih banyak masyarakat yang belum dapat vaksin kedua.

Ia juga mengimbau seluruh masyarakat untuk segera melaksanakan vaksin kedua. Meski begitu, vaksin booster tetap diterima jika ada masyarakat yang ingin vaksin.

"Tetap diterima, tapi kita prioritaskan vaksin kedua. Jadi kalau kalau ada vaksin booster 100, tapi vaksin kedua ada 50, yang 50 ini dulu yang kita vaksin. Jadi prioritasnya vaksin kedua dan Lansia," jelasnya.(ckc)

 

Tulis Komentar