60 Pemuda/i Kampar Terpilih Dalam Program SKPP Tingkat Dasar, Bawaslu Ucapkan Selamat

Kamis, 19 Agustus 2021 | 13:52:42 WIB
60 Pemuda/i Kampar Terpilih Dalam Program SKPP Tingkat Dasar, Bawaslu Ucapkan Selamati Foto:

 

GENTAONLINE.COM-Sebanyak 60 pemuda/i Kampar dinyatakan terpilih sebagai peserta untuk mengikuti Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar se-Provinsi Riau. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Bawaslu RI No. 0516/PM.00.00/K/08/2021 yang ditanda tangani oleh Ketua Bawaslu RI Abhan pada tanggal 16 Agustus 2021.

Atas prestasi tersebut, Ketua Bawaslu Kampar Syawir Abdullah, SH melalui anggota Witra Yeni, S.Ip mengucapkan selamat kepada seluruh peserta SKPP tingkat dasar yang terpilih, terkhusus asal Kampar, "Dan selamat mengikuti pendidikan pengawas partisipatif, sebagai persiapan SDM yang unggul dan berkualitas guna mengawal jalannya kegiatan-kegiatan kepemiluan, baik di Provinsi Riau maupun di daerah Kabupaten Kampar nantinya" ujar Witra, Kamis pagi (19/8).

SKPP merupakan salah satu program yang digagas Bawaslu RI untuk membentuk kader-kader yang siap menjadi mitra Bawaslu dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu dan menularkan semangat pengawasan pemilu di lingkungannya. "Di SKPP, peserta akan mendapat materi soal demokarasi, Pemilu dan pengawasan Pemilu termasuk dasar hukum, kelembagaan, strategi pencegahan dan pengawasan Pemilu, serta penindakan pelanggaran Pemilu. Tak hanya itu, mereka juga akan digembleng agar terbentuk karakter pengawasan, terbangun integritas dan memiliki perspektif gender yang kuat" terang Witra.

Terpisah, salah satu peserta SKPP asal Rumbio Jaya, Kampar, Mira Yeni Arrasyid, S.Pd mengaku senang dan bersyukur telah terpilih dan dapat mengikuti SKPP tingkat dasar bersama 265 peserta lainnya dari 7 Kabupaten/Kota se-Riau.

"Alhamdulillaah, tidak sabar ingin mendalami keilmuan baru dibidang kepemiluan, khususnya kegiatan pengawasan. Saya pikir menjadi bagian penyelenggara Pemilu lebih menyenangkan, daripada menjadi peserta Pemilu. Dan itu salah satu alasan saya mengikuti SKPP ini" ungkap aktivis HMI Kampar itu.

Sebagai informasi, SKPP tingkat dasar yang merupakan program pusat pendidikan Bawaslu itu digelar dalam rentang waktu Juni - Oktober di 100 titik dengan peserta pilihan dari 304 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Jika tak ada aral melintang, untuk di Provinsi Riau akan berlangsung pada September 2021 mendatang dengan melibatkan pengajar-pengajar yang ahli dan berpengalaman dibidang Kepemiluan. (Alfedry)

Tulis Komentar