Pasien Covid-19 Membludak, Firdaus Kembali Aktifkan Rusunawa Rejosari

Rabu, 05 Mei 2021 | 10:27:45 WIB
Pasien Covid-19 Membludak, Firdaus Kembali Aktifkan Rusunawa Rejosarii Foto:

GENTAONLINE.COM - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus bakal mengaktifkan kembali Rusunawa Rejosari sebagai lokasi isolasi bagi pasian positif Covid-19. Ia mengaktifkan kembali rumah sehat tersebut guna mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19.

 

"Kita aktifkan rumah sehat di rusunawa yang sudah beberapa waktu lalu kosong. Dengan melihat kecenderungan penyebaran kasus. Karena penampungan di provinsi sudah penuh, kita buka di kota," terangnya, Senin 3 Mei 2021. Menurutnya, kapasitas rusunawa mencapai puluhan pasien. Sebanyak 66 pasien bisa menjalani isolasi di rusunawa tersebut.

 

"Kalau seandainya tidak bisa melayani, nanti kita izinkan isolasi mandiri di rumah yang bisa menjalani prokes dengan baik," ulasnya. Firdaus mengakui bahwa layanan kesehatan bagi pasien Covid-19 mulai terbatas. Pihaknya berupaya agar bisa mengantisipasi kekurangan layanan kesehatan untuk penanganan Covid-19.

 

"Pak Indra Yovi sudah memberikan gambaran. Tempat pelayanan kesehatan kita saja sudah pada kondisi maksimal. Sudah hampir penuh," ucapnya. Dirinya menilai bahwa pihaknya berupaya meningkatkan kapasitas layanan rumah sakit pemerintah di Kota Pekanbaru. Layanan di rumah sakit swasta juga terbatas.

 

"Kalau kita tidak bisa menurunkan angka penyebaran, bisa-bisa nanti pasien yang terpapar tidak dapat dilayani di fasilitas kesehatan," ujarnya. Pihaknya juga berupaya meningkatkan fasilitas layanan bagi pasien Covid-19 di RSD Madani.(ro)

Tulis Komentar