Kunjungan Apdesi Riau ke Kediaman Gubri, ini Pembahasan nya

Jumat, 09 Juni 2023 | 11:31:14 WIB
Kunjungan Apdesi Riau ke Kediaman Gubri, ini Pembahasan nyai Foto:

GENTAONLINE.COM-Bersempena hari ulang tahun Gubernur yang ke-69, DPD Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) provinsi Riau bersilaturahmi dengan Gubernur Riau Syamsuar, Kamis (8/6). Rombongan yang dipimpin oleh Ketua Apdesi provinsi Riau Abdul Rahman Chan diterima langsung oleh Gubernur Syamsuar di kediaman, Jl. Diponegoro, Pekanbaru.

Disampaikan wak Rahman, sapaan akrabnya, selain mempererat hubungan silaturahmi, agenda kunjungan Apdesi provinsi Riau bermaksud menyampaikan beberapa hal penting yang dirasa perlu mendapat arahan dari Gubernur.

Hadir dalam agenda tersebut, Gubernur Riau Syamsuar, Staf Ahli Gubernur Riau Yurnalis Basri, Ketua Apdesi Riau Abdul Rahman Chan, Sekretaris Emil Harda, Bendahara Juprianto, Ketua Dewan Penasehat Apdesi Riau Herman Yahya Domo, dan beberapa pengurus DPD serta DPC 10 Kabupaten se-Riau.

Dihadapan Gubernur, wak Rahman memaparkan kondisi saat ini Apdesi Riau yang menaungi ribuan Kepala Desa se-provinsi Riau belum memiliki kantor atau sekretariat. "Sejak kami dilantik tahun kemaren (2022-red), sampai saat ini belum punya kantor tetap Pak Gub. Hal itu tentu sangat diperlukan untuk mendukung kinerja yang optimal dari rekan-rekan pengurus Apdesi di Provinsi. Harapan kami ada arahan dan petunjuk dari Pak Gub" ujarnya.

Kemudian, sambung wak Rahman, dalam waktu dekat Apdesi Riau akan mengadakan Rapat Kerja Apdesi yang akan dihadiri oleh 10 DPC Kepala Desa-kepala desa se-Riau. Dan nantinya, hasil-hasil dari Rakerprov tersebut akan kita bawa dan suarakan di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jambi. "Kami mohon support dan arahan Pak Gubernur selaku orang tua kami, pemimpin kami, yang kami lihat telah cukup sukses membawa provinsi Riau lebih maju dan berkembang pesat diberbagai sektor" tutur Kepala Desa Senamanenek tersebut.

Menanggapi hal itu, Gubernur Syamsuar mengatakan akan mengupayakan dan mengakomodir keinginan teman-teman Apdesi sesuai dengan kemampuan Pemprov Riau. "Soal Kantor, nanti saya cek dulu mana gedung-gedung kami yang nganggur/tidak terpakai. Kalau ada, pakai saja nanti. Nanti dikomunikasikan" kata Syamsuar.

Soal Raker, lanjut Syamsuar, Apdesi Riau agar berkoordinasi dengan Dinas PMD. "Kalau tak salah, PMD juga ada program mengumpulkan Kades se-Riau. Coba dikomunikasikan, kalau bisa disinergikan akan lebih baik. Kan sejalan tu, sekalian nanti disana teman-teman Apdesi Riau melaksanakan Rakerprov" saran Syamsuar.

Ditambahkan Syamsuar, saat ini Pemprov Riau sedang memaksimalkan program pelepasan lahan dalam kawasan. Menjelang Oktober 2023, lahan-lahan masyarakat yang masih berada dalam kawasan agar secepatnya diurus agar mendapat legal standing. "Mungkin nanti melalui Apdesi juga bisa membantu, sama-sama kita ajak dan permudah mereka dalam mengurus ini (pelepasan lahan dalam kawasan-red)" harapnya menutup.

Terakhir, Ketua Apdesi provinsi Riau wak Rahman dan teman-teman pengurus mengucapkan selamat ulang tahun Gubernur Syamsuar yang ke-69.

"Semoga Pak Gubernur selalu sehat, panjang umur, dan tetap amanah memegang tanggung jawab untuk Riau yang maju, gemilang dan terbilang" tuturnya.

Pantauan di lokasi, kegiatan ditutup dengan penyerahan kue ulang tahun dari pengurus Apdesi Riau kepada Gubernur Syamsuar dan foto bersama.

Terpisah, Ketua Dewan Penasehat Apdesi Riau Herman Yahya Domo menyambut baik program pelepasan lahan dalam kawasan yang dibahas oleh Gubernur Riau. Ia menghimbau agar masyarakat yang masih memiliki lahan dalam kawasan, agar segera mendaftar dan mengurus di Desa nya masing-masing.

"Agar lahan yang dikelola nantinya legal dan terdaftar. Jika tidak diurus, tentu itu akan menjadi kegiatan ilegal dan negara punya hak untuk mengambil lahan tersebut" terangnya. (Erik)

Tulis Komentar