Panglimo Besar Dubalang Lakta Targetkan Apel Akbar 1000 Dubalang Dihadiri Gubernur Riau

Senin, 28 Juni 2021 | 16:32:56 WIB
Panglimo Besar Dubalang Lakta Targetkan Apel Akbar 1000 Dubalang Dihadiri Gubernur Riaui Foto: Panglimo Besar Dubalang LAKTA H. Safrianto SE saat memberikan arahan kepada Dubalang usai Pengukuhan. Minggu (27/6/2021).

GENTA, TAPUNG - Pada tanggal 27 Juni Lembaga Adat Kenegerian Tapung (Lakta) kembali mengukuhkan Dubalang di kenegerian Danau Lancang dan Senama Nenek, acara yang dilakukan di Aula kantor desa Danau Lancang ini dihadiri oleh 100 lebih anggota Dubalang yang akan dilantik dengan melaksanakan Protokol Kesehatan (Protkes).

Hal ini untuk mempercepat pelantikan Dubalang LAKTA di setiap kenegerian, turut hadir dalam acara tersebut ketua MKA LAKTA Zulfahmi SH Dt. Mangkuto dan wakil ketua Zulkifli IR Dt. Batin Segale dan Niskol Firdaus, S.Kom Dt. Samajo. Dan dari unsur DPH LAKTA dihadiri oleh ketua DPH LAKTA yang hal ini diwakili oleh Sekretaris Muhammad Rais, SH, MH, CLA dan Bendahara DPH LAKTA Dr. H. Ahmad Zikri MH dan Panglimo Besar Dubalang Lakta H. Safrianto SE, serta Ninik Mamak Kenegerian Danau Lancang, Ninik Mamak Senama Nenek serta Kepala Desa.

Karna setelah selesai, rencananya akan diadakan apel akbar menghadirkan seribu Dubalang yang akan di laksanakan dalam waktu dekat, ini juga menargetkan percepatan pelantikan Dubalang di beberapa desa lain.

Dalam sambutannya, Ketua MKA LAKTA mengucapkan selamat kepada Dubalang yang dilantik serta memberikan arahan dan nasehat bahwasanya Dubalang itu siap setia membela negara dan daerah adat nya atas titah perintah MKA LAKTA.

Dilanjutkan oleh Panglimo Besar H. Safrianto, SH dalam orasinya, memberikan semangat kepada para Dubalang yang telah dikukuhkan, bahwasanya Dubalang akan menjadi pagau nagoghi dan menjaga Marwah adat dan menjaga pemangku adat tersebut, serta membakar semangat para Dubalang dengan yel yel dubalang : 

“Dubalang pagau nagoghi, LAKTA Lambago kito“

Panglimo Besar Dubalang Lakta H Safrianto juga menyampaikan, sampai saat ini LAKTA sudah melantik 800 Dubalang di semua Kenegerian yang sudah dilantik, dan akan melantik dua ratus Dubalang lagi di 2 kenegerian yaitu di kenegrian Sungai Agung dan Batu gajah.

"Selanjutnya akan dilakukan Apel Akbar 1000 Dubalang yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat dengan menghadirkan Gubernur Riau, Danrem dan Kapolda Riau", pungkas Panglimo Besar.

Selanjutnya, kata sambutan yang disampaikan oleh kepala Desa Danau Lancang Azirman mengucapkan selamat dan menyampaikan bahwa Dubalang harus menjadi benteng untuk mempertahankan daerah adat.

" Yang saya lihat narkoba dan judi online sudah menjadi alat untuk penghancur para generasi muda, saya berharap Dubalang juga bisa berperan dalam memberantas hal demikian supaya Desa kita bisa maju dan pemuda nya bebas dari hal demikian", tutup Kades Azirman.***

(Rls)

Tulis Komentar