HMA Yusuf Siregar Hadiri Kenduri Nelayan Wujud Syukur Hasil Laut Yang Berlimpah

Selasa, 06 Desember 2022 | 20:20:51 WIB
HMA Yusuf Siregar Hadiri Kenduri Nelayan Wujud Syukur Hasil Laut Yang Berlimpahi Foto:

Percut Sei Tuan, gentaonline.com  - Kenduri nelayan merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat nelayan sejak dulu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kekayaan hasil laut yang melimpah. 

"Selain itu, kenduri ini juga bertujuan sebagai wadah silaturahmi bagi masyarakat nelayan di Kabupaten Deli Serdang. Inilah makna dan pesan-pesan yang bisa diambil dari pelaksanaan Kenduri Nelayan Kabupaten Deli Serdang di Percut Sei Tuan ini,"  kata Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar dalam arahannya pada acara Kenduri Nelayan di Aula Gedung Kembar Bagan Percut, Desa Percut, Kecamatan Percut Sei Tuan, Senin (5/12/2022).

Wabup berharap Kenduri Nelayan yang diselenggarakan selama ini bisa terus dipertahankan dan dilestarikan, sehingga nantinya seluruh masyarakat dapat memahami nilai-nilai yang terkandung dari tradisi tersebut.

"Dan semakin mencintai nilai-nilai kearifan lokal, yang nantinya berdampak pada kokohnya rasa kebersamaan dan persaudaraan di antara kita," harap Wabup.

Wabup berpesan, khususnya kepada masyarakat pesisir untuk selalu menjaga kelestarian alam bawah laut dan sekitarnya dengan sebaik-baiknya. Karena, profesi nelayan menjadi tumpuan bagi sebagian masyarakat untuk menghidupi dan meningkatkan perekonomian keluarga. 

"Kepada para nelayan, saya juga mengimbau agar dapat memahami ketentuan dan peraturan tentang batas-batas perairan antar negara. Ini penting guna menghindari permasalahan hukum yang dapat merugikan diri dan keluarga, bahkan juga negara," imbau Wabup.

Sebelumnya, Ketua HNSI Sumatera Utara (Sumut), Zulfachri Siagian SE, menjelaskan tentang Undang-Undang (UU) No.7 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Nelayan. 

"Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) gencar menangkap kapal-kapal nelayan. Beberapa bulan lalu, ada 9 kapal dari Deli Serdang yang ditangkap dan 8 dari Belawan. Jadi, perlu perhatian pemerintah apa tindakan yang bisa dilakukan untuk perlindungan terhadap nelayan," ungkapnya.

Turut hadir di acara tersebut, anggota DPRD Deli Serdang, Kepala Dinas (Kadis) Perikanan, Kadis Pertanian, Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostan),  perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait lainnya; Camat Percut Sei Tuan, Kepala Desa Percut, dan lainnya.(Edy l)

Tulis Komentar