Akibat Banjir Mengerikan, Jalintim di Pelalawan Berubah Jadi Sungai

Senin, 17 Desember 2018 | 17:39:14 WIB
Akibat Banjir Mengerikan, Jalintim di Pelalawan Berubah Jadi Sungaii Foto:

GENTAONLINE.COM-Banjir besar sepanjang sejarah kabupaten Pelalawan berdiri, terjadi. Hal tersebut menyusul berubahnya badan Jalan Lintas Timur (Jalintim) menghubungkan kecamatan Pangkalan Kuras dan Kecamatan Pangkalan Kerinci, menjadi sungai sepanjang 15 Kilometer.

Tanda-tanda banjir besar ini sudah mulai terpantau sejak dua hari kemarin. Dimana, luapan air dari sungai Kampar naik ke permukan badan Jalintim, KM 83, tepatnya di desa Kemang kecamatan Pangkalan Kuras.

Air terus meninggi dan naik ke badan jalan. Hal tersebut diakibatkan bebepara faktor. Faktor pertama lebih diakibatkan tumpahan air dari waduk PLTA Koto Panjang. Faktor lain menyusul terjadinya air pasang laut. Terjadinya pasang laut memungkinkan air menumpuk dan air sungai Kampar bertahan sehingga tidak mengalir ke hilir sampai ke laut lepas.

Pantauan di lapangan, Senin (17/12), untuk mengantisipasi terjadi korban, tepatnya di KM 83 sejumlah polisi terjun ke lapangan guna mengatur arus lalu lintas. Bahkan, baik dari Sorek menuju Pekanbaru dipasang pengumuman Jalintim tak bisa dilewati. Dalam pengumuman itu para pengendara diminta untuk mencari jalan alternatif.

Sepanjang jalan kurang lebih 15 kilometer berubah membentuk sungai. Terhitung sejak Senin kenderaan roda dua maupun kenderaan berjenis sedan tidak bisa melintas. Para sopir yang mencoba nekat melintasi badan jalan ikut terjebak mogok. Setidaknya, terpantau di lapangan puluhan kenderaan terjebak mogok. Jalintim yang membentuk sungai ini hanya bisa dilewati oleh kenderaan bergardan tinggi. Seperti dumb truk, fuso sejenisnya. (drc)

Tulis Komentar