Gelar Bimtek di Batam, SPS Riau Usung Tema Sustainable Media Pers Riau Melalui Transformasi Digital

Kamis, 30 Mei 2024 | 21:05:37 WIB
Gelar Bimtek di Batam, SPS Riau Usung Tema Sustainable Media Pers Riau Melalui Transformasi Digitali Foto: Tingkatkan Kualitas SDM dan Organisasi, SPS Riau Gelar Bimtek di Batam

BATAM - Guna peningkatan kualitas SDM dan organisasi, Serikat Perusahaan Pers (SPS) Provinsi Riau menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek), Kamis, 30 Mei - Minggu, 02 Juni 2024 di Sahid Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau. Giat yang dibuka oleh Wasekjen SPS Pusat M. Hasbi itu mengusung tema 'Sustainable Media Pers Riau Melalui Transformasi Digital'.

Dalam sambutannya, Plt. Ketua SPS Riau Purnomo mengatakan tema tersebut dianggap penting mengingat kondisi disrupsi industri media cetak, yang kini tergerus seiring perkembangan zaman. "Harus diakui, industri media khususnya cetak kini tak seperti 5-10 tahun yang lalu. Mengingat sekarang semua serba digital, perlu inovasi dan kreasi agar bisa mempertahankan eksistensinya ditengah pesatnya Digitalisasi" kata Purnomo, Kamis (30/5).

Sementara, Ketua SPS Pusat yang diwakili oleh Wasekjen M. Hasbi menyampaikan perlu adanya implementasi 'Pentahelix' sebagai upaya Sustainable media di tengah disrupsi yang terjadi belakangan ini. Pentahelix yang dimaksud yakni media perlu berkolaborasi dengan berbagai unsur baik Akademik, Bisnis, Komunitas, maupun pemerintahan. 

"Ini pesan dari Ketua Umum SPS Pusat, dan selalu jadi perbincangan di forum SPS Pusat" tuturnya.

Hadir sebagai Narasumber, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya Dr. Drs. Hadi Prayogo, M.I.Kom dan Head of Corporate Communications PT. RAPP Disra Alldrick.

Turut hadir dalam giat pembukaan Bimtek SPS Riau, Gubernur Kepulauan Riau yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Guntur Sakti selaku Keynote Speaker, Ketua PWI Pusat bidang OKK Zulmansyah Sekedang, Komisioner Komisi Informasi Riau Zufra Irwan, Sekretaris SPS Kepulauan Riau Dedy Suwadha, dan 32 orang jajaran KSB, pengurus serta Dewan Pertimbangan SPS Riau.

Terpisah, Ketua Panitia Safari Al Royan menyampaikan di hari berikutnya akan ada kunjungan kerja ke kantor BP Batam dan kantor Tribun Batam.

"Rangkaian kegiatan Bimtek akan ditutup dengan wisata sejarah, berkunjung ke Pulau Penyengat sebagai salah satu Landmark Provinsi Kepulauan Riau" tutup Royan. (SPS/Erik)

Tulis Komentar