Muda dan Energik

PWI kabupaten/kota di Riau nyatakan dukungan pencalonan Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menjadi Ketua Umum PWI Pusat

Kamis, 02 Maret 2023 | 13:31:07 WIB
PWI kabupaten/kota di Riau nyatakan dukungan pencalonan Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menjadi Ketua Umum PWI Pusati Foto: Zulmansyah Sekedang pernah diamanahkan sebagai Ketua Lembaga Pers Himpunan Mahasiswa Islam (LAPMI) Cabang Pekanbaru

PEKANBARU - Ketua-ketua PWI kabupaten/kota di Riau menyatakan mendukung pencalonan Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menjadi Ketua Umum PWI Pusat 2023-2028.

"Saatnya wartawan muda dan energik memimpin PWI pusat. Bang Zulmansyah Sekedang adalah sosok yang tepat," kata Wiwik Widaningsih, Ketua PWI Siak yang merupakan satu-satunya perempuan menjabat Ketua PWI kabupaten di Riau.

Kata Wiwik, meski muda secara usia, namun Zulmansyah Sekedang sudah matang dan profesional di dunia jurnalistik. Apalagi saat ini, Dewan Pers telah pula mengamanahkan Ahli Pers kepada Zulmansyah Sekedang.

Soal energik, kata Wiwik, dua periode Zulmansyah Sekedang memimpin PWI Riau, selalu pada setiap peringatan HPN, ratusan wartawan Riau dibawa ikut serta menghadiri HPN. Baik saat HPN Padang, HPN Surabaya, HPN Banjarmasin, HPN Kendari maupun HPN Medan. Hanya HPN di saat Covid-19, PWI Riau mengirim sedikit wartawan di HPN Jakarta.

"Saya bangga dan bahagia bekerja sama dengan Bang Zulmansyah. Baik ketika beliau menjabat Pemimpin Redaksi Riau Pos, maupun saat beliau menjabat Ketua PWI Riau," kata Wiwik.

Ketua PWI Rokanhulu, Amin Syukri senada dengan Wiwik. Katanya, sepanjang Zulmansyah memimpin PWI Riau, setiap tahun wartawan Riau diikutsertakan dalam Safari Jurnalistik PWI Riau ke mancanegara.

"Kalau dihitung, sudah ratusan wartawan Riau diberangkatkan Safari Jurnalistik ke luar negeri untuk edukasi dan memperkaya wawasan wartawan daerah. Ada yang berangkat ke Korea Selatan, Hong Kong, China, Vietnam, Malaysia, Singapura atau Thaiand. Kami dari Rokanhulu bersyukur, ada juga wartawan kami dibawa PWI Riau belajar sampai ke Vietnam," kata Amin Syukri.

Sisi lain, Ketua PWI Dumai Bambang Rio memuji Zulmansyah Sekedang yang komit dan kosisten melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) setiap tahun secara gratis. Setahu Bambang, program UKW gratis ini sudah menyentuh lebih 300 wartawan anggota PWI Riau.

"Saya pribadi, mendukung Bang Zulmansyah Sekedang memimpin PWI Pusat. Kepada senior-senior Ketua PWI se-Indonesia saya mengajak mari kita memberikan kesempatan kepada yang muda untuk memimpin PWI," tutup Bambang.

*Tentang Zulmansyah Sekedang*
Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang sudah menyatakan diri maju sebagai Ketua Umum PWI Pusat di sela-sela peringatan HPN Medan, 8 Februari 2023 lalu. Visinya "Mewujudkan PWI HEBAT".

Zulmansyah Sekedang adalah kandidat ketiga yang menyatakan maju sebagai Ketua Umum PWI Pusat 2023-2028 setelah mantan Sekjen PWI Hendry Ch Bangun dan Ketua PWI Sulawesi Utara Voucke Lontaan mendeklarasikan diri.

Sehari-hari, Zulmansyah Sekedang adalah wartawan yang diamanahkan menjabat Direktur Utama di Harian Sumut Pos, Komisaris Utama di Harian Posmetro Medan, Komisaris di Harian Rakyat Aceh, Komisaris Harian Metro Siantar dan Komisaris Riau Televisi (RTV) Pekanbaru.

Pada organisasi pers, Zulmansyah Sekedang pernah diamanahkan sebagai Ketua Lembaga Pers Himpunan Mahasiswa Islam (LAPMI) Cabang Pekanbaru, Ketua Forum Pemimpin Redaksi Jawa Pos Group (JPG), Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Riau dan Ketua Penasehat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Riau.

Ketika menjabat Ketua LAPMI HMI Cabang Pekanbaru, 1994, Zulmansyah Sekedang ikut berdemonstrasi memprotes keras dibredelnya Majalah Tempo, Majalah Editor dan Tabloid Detik oleh rezim orde baru.(iz)

Tulis Komentar