Dipasang Sejak Setahun Lalu, Desa Gondang Tak Kunjung Dialiri Listrik

Senin, 11 Desember 2017 | 19:22:37 WIB
Dipasang Sejak Setahun Lalu, Desa Gondang Tak Kunjung Dialiri Listriki Foto:

GENTAONLINE.COM-Pemasangan jaringan listrik di Desa Gondai, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan sejak tahun 2016 lalu, hingga kini belum juga terkoneksi listrik.

Jaringan yang dibangun dari dana Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa atau Kelurahan (PPIDK) sepanjang 1 Km, hingga kini belum terkoneksi dengan jaringan listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Menurut keterangan Sekretaris Desa Gondai, Rano kepada wartawan, Senin (11/12), terkait persoalan itu pihak desa telah menyurati Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Provinsi Riau. "Distamben Provinsi sudah kita surati, namun tidak ada tindak lanjut waktu itu. Makanya kita susul kesana dan waktu itu orang Distamben langsung turun kesini," ungkapnya.

Lanjut Rano, meski orang Distamben Provinsi Riau telah turun melihat langsung jaringan tersebut, namun hingga kini tidak ada tindak lanjutnya. "Menurut informasi dari mereka, Distamben sudah menyampaikan surat ke PLN Area. Tapi waktu kita tanya ke PLN Rayon Pangkalan Kerinci, katanya surat dari Area belum sampai," bebernya.

Hingga kini, listrik di Desa Gondai masih menggunakan jaringan lama Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) yang dibangun oleh masyaraat desa secara swadaya. "Memang listrik hidup, tapi masih menggunakan jaringan lama. Kita khawatir jaringan dan trafo yang sudah dipasang itu hilang, karena belum terkoneksi listrik," tandas Sekretris Desa Gondai. (*)

Tulis Komentar