Dibenarkan Humas, Sample Dugaan Air Limbah PT HKBS Rohil Diuji DLH

Senin, 21 November 2022 | 11:59:34 WIB
Dibenarkan Humas, Sample Dugaan Air Limbah PT HKBS Rohil Diuji DLHi Foto:

GENTAONLINE.COM-Air limbah dengan volume yang cukup banyak meluap atau meluber di aliran parit kebun sawit milik warga Desa Kasang Bangsawan, Kec. Pujud, Rokan Hilir (Rohil). Kuat dugaan, air limbah tersebut berasal dari Flatbed (Long Land Aplication) PT. Hasil Karya Bumi Sejati (HKBS). 

Dalam potongan video amatir yang diterima redaksi gentaonline.com, terlihat air berwarna hitam pekat membanjiri dan mengalir di parit kebun sawit milik warga setempat, dikhawatirkan aliran tersebut akan melewati Kanal Titi Batu dan sampai ke Sungai Rokan.
"Itu aliran nya tembus ke Kanal Titi Batu pak, dan sampai ke Sungai Rokan. Bahaya kalau nanti sampai sana, ikan-ikan pasti banyak mati" sebut narasumber yang enggan disebut namanya, Sabtu (19/11).

Humas PT. HKBS Bambang Eka, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, air limbah meluap akibat curah hujan yang tinggi. "Iya betul pak, karena hujan terus kemaren itu jadi yang di LLA (Long Land Aplication) nya meluap. Orang DLH juga sudah turun, sudah ngambil sample" akunya, Minggu (20/11) saat dihubungi wartawan gentaonline.com.

Terpisah, saat dikonfirmasi Kepala DLH Rohil Suwandi, S.Sos tak menyangkal informasi tersebut. Disinggung soal hasil proses verifikasi di lapangan, ia menyebut sedang dilakukan uji sample.

"Sample nya sedang diuji di lab, biasanya memakan waktu 2 mingguan" ujarnya. (Redaksi)

Tulis Komentar