KAPOLDA RIAU HARUS SEGERA MENERTIBKAN SEGALA BENTUK PERJUDIAN YANG ADA DI RIAU

Ahad, 30 Oktober 2022 | 06:06:14 WIB
KAPOLDA RIAU HARUS SEGERA MENERTIBKAN SEGALA BENTUK PERJUDIAN YANG ADA DI RIAUi Foto: Gambar di lokasi Jln. Dharma Palas

Gentaonline.com - Pekanbaru, Riau

Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait maraknya perjudian berkedok Kejuaraan ketangkasan seperti Festival Sabung Ayam, Festival Mancing Mania, Festival Kicau Burung Mania. Hal ini menjadi penting buat kami Team Satgas Mafia Perjudian menyampaikan kepada Gentaonline.com. 

Team telah mengkonfirmasi kepada Kapolres Kampar AKBP Didik Priyo Sambodo, S.IK. Terkait Perjudian Sabung Ayam, Mancing Mania dan Kicau Mania yang berada diwilayahnya. Team telah dikonfirmasi, bahwa telah dilakukan penindakan dibeberapa titik yakni Lubuk Sakat, Garuda Sakti, Bangkinang dan Kubang Raya. Dalam perjalanannya terjadi hambatan yang dihadapi oleh petugas dalam penertiban dikarenakan Pemilik tempat Sabung Ayam juga Aparatur Penegak Hukum. *Setelah dilakukan beberapa kali penggrebekan tatap aja oknum pengusaha membandel dan terus menerus buka bila situasi terasa agak tenang*. Hal ini membuat team satgas perjudian menilai sabung ayam sulit diberantas bila tidak dilakukan penahanan terhadap pelaku, penonton, serta pemilik tempat perjudian.

Sementara ditempat lain yang menjadi tujuan mereka adalah sebagai tempat menyalurkan Hobby sesama Pecinta Ayam Jago diwilayah tersebut. Hampir terjadi baku hantam antara petugas dengan pihak keamanan tempat sabung ayam tersebut. Dikarenakan pemilik meminta surat tugas dari pimpinannya. Ujar Team Petugas Kepolisan Polres Kampar yang turun ke lokasi Sabung Ayam. 

Sementara itu untuk Mancing Mania yang mengandung unsur Perjudian juga telah di Grebek, tepatnya yang berada di Kubang Raya. Sedangkan Kicau Mania belum pernah ada Pengrebekan karena dinilai tidak mengandung unsur Perjudian.

Ditempat yang lain Team Juga konfirmasi kepada Kapolresta Pekanbaru. Kombespol Dr. Pria Budi, S.Ik. M.H. Dimana diwilayah hukumnya terdapat beberapa titik yang sejak lama menjadi wasilah tempat Sabung Ayam di Kota Pekanbaru. Diantaranya, pembatuan kulim, simpang jln. Badak hangtuah yang notabene merupakan akses masuk ke kantor walikota Pekanbaru. Ada juga di Jln. Dharma Palas Rumbai juga luput dari penindakan tegas aparat kepolisian disinyalir ramai hingga pagi hari. Ada juga di Jln. Lily sudah dilakukan penggrebekan tapi sekarang tetap buka kembali dan ada juga di Panam. 

Dalam konfirmasi tersebut Pak Kapolresta Pekanbaru Menjawab : Sabar dulu, kita sedang lakukan penyelidikan. Sehingga Team berpersepsi bahwa di Pekanbaru Semua Tempat Sabung Ayam yang punya adalah Aparatur Penegak Hukum. Dari keterangan dilapangan ada setoran yang dikeluarkan pemilik tempat Sabung Ayam kepada Oknum-oknum Penegak Hukum yang juga ikut serta bermain tebak-tebakan ayam mana yang menang dalam pertandingan ketangkasan ayam tersebut. 

Untuk tempat perjudian Sabung Ayam di Riau. Team Satgas Perjudian, telah mengantongi beberapa lokasi sabung Ayam di Riau yakni ;

1. Wilayah Sorek di duga dapat fasilitas tempat dari aparat desa, keamanan dari Polsek. 

2. Wilayah Pinggir diduga dapat fasilitas dari Anak Oknum Pejabatnya. 

3. Wilayah Dumai ini merupakan tempat tertua di Riau dan tak tersentuh hukum.

4. Wilayah belilas ada oknum intelektual yang membackup.

5. Wilayah Duri ada juga dengan fasilitas parkir luas dan tempat duduk yang mewah. Dilokasi ini Pertandingan hingga Subuh. Dengan Taruhan Hingga ratusan juta/hari.

6. Kota Garo Tapung. Kampar juga disinyalir ramai dikunjungi para penghobi sabung ayam.

7. Wilayah Belilas, Juga dikonfirmasi diramaikan oleh masyarakat yang adu ayam.

Team satgas perjudian, telah lama menjadikan hal ini fokus dalam pemberitaan. Disisi lain team  juga berkomunikasi dengan berbagai pihak seperti MUI dan Kejaksaan Tinggi Riau Serta Intel Polda Riau, Intel Polres Kampar, Intel Polres Pekanbaru serta Sektornya. Ketua MUI Kota Pekanbaru menolak keras Sabung Ayam. Karena memang dilarang agama Islam. Bahkan pak Prof. Akbarizan berpendapat segala bentuk kejuaraan ketangkasan dan pertarungan yang memenuhi unsur kekerasan adalah HARAM termasuk Tinju, UFC, MMA, One Pride. Dll. Ditanya Soal Perjudian beliau menjawab segala sesuatu yang menyangkut dan memenuhi unsur Perjudian menurut Al-Qur'an dan Hadist adalah HARAM. 

Sementara itu dari para Oknum Penegak Hukum yang mempunyai hobby sabung ayam menganggap semua kegiatan ini hanyalah Hobby. Dan bukan menjadi Mata Pencarian. Sama halnya dengan orang yang Hobby nonton bola. Tebak tebakan saat pertandingan itu seru dan memancing adrenalin. Dan sebuah kepuasan kalau itu kita berhasil memenangkan. Walau dalam agama apapun itu adalah bentuk perjudian. 

 
Team satgas perjudian juga mempertanyakan kepada narasumber lainnya yakni komunitas Pecinta Burung Kicau Mania dan Komunitas Mancing Mania Galatama. Apakah pernah dibubarkan oleh aparat karena kegiatan tersebut mengandung perjudian. Mereka menceritakan tentang aturan hukum yang mana dilarang dan yang mana yang diperbolehkan. Salah satu yang dilarang dan memenuhi unsur Perjudian adalah InseT yang dibayarkan sebelum acara dimulai. Ungkap Pecinta Kicau Mania Nusantara. Kalau diminta diawal berarti panitia tidak punya sponsor dan mengambil hadiah dari uang InseT. Sementara itu dari Komunitas Pecinta Mancing Mania. Menganggap ini murni ketangkasan bukan perjudian karena ada Usaha dan Upaya dalam mendapatkan ikan dan hadiah sekalipun Insert dibayarkan jauh sebelum Perlombaan. 

Dalam Kejuaraan mancing mania Panitia Mampu Memberikan hadiah Senilai Puluhan Juta hingga Ratusan juta Rupiah ( Baik Berupa Uang Tunai Maupun Hadiah Motor dan Mobil Baru ) dengan Hanya 72 - 160 Peserta. Dengan InseT Terbesar sampai 5 - 8 jutaan Rupiah/peserta. Durasi Pertandingan Hanya 3 Jam dalam satu babak. Bila dilihat dengan SOP Pertandingan tersebut. Team gentaonline.com menyatakan ini murni Perjudian dan nilainya Fantastis. Tetapi kenapa hanya Sabung Ayam yang dirazia dan ditanggapi pihak kepolisian dan team gabungan. Kenapa Kicau Burung dan Mancing Mania tidak ada penindakan, padahal pengelola dan Panitia Menjelaskan kalau Mau Dikaji ini PERJUDIAN atau tidak, semuanya memenuhi unsur Perjudian. **. Tutup ( Team Satgas Perjudian )

Tulis Komentar