Meski Telat, Sumbar Resmi Mendaftar Sebagai Tuan Rumah PON XXI 2024

Selasa, 05 Desember 2017 | 16:40:15 WIB
Meski Telat, Sumbar Resmi Mendaftar Sebagai Tuan Rumah PON XXI 2024i Foto: Stadion Agus Salim di Sumatera Barat

GENTAONLINE.COM-Setelah Sumut dan Aceh.mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, giliran Sumatera Barat (Sumbar) berniat menggelar pesta olahraga empat tahunan itu.

Meski melewati batas pendaftaran 30 November 2017, Sumbar secara resmi menyerahkan berkas pendaftaran kepada Tim Pejaringan Tuan Rumah PON XXI/2024 Selasa, 5 Desember 2017 di Gedung KONI Pusat, Jakarta.

Dengan masuknya Sumbar, maka kini ada enam daerah yang masuk bursa pencalonan tuan rumah PON XXI. Sebelumnya telah mendaftar Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Sumbar sama dengan Kalsel mendaftar sebagai tuan rumah mandiri. Sedangkan Aceh dan Sumut serta Bali-NTB mendaftar sebagai tuan rumah bersama.

"Sumbar tidak banyak janji. Yang jelas kami siap menggelar PON 2024. Kami sudah mempunyai empat stadion dan segera akan membangun stadion utama di Sikabu, Kabupaten Padang Pariman dengan kapasitas 40.000 penonton," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumbar Syaiful usai menyerahkan berkas pendafataran dengan didampingi Waketum IV KONI Sumar Ali Musri dan Kabid Olahraga Prestasi Dispora Sumbar Rasyidi Sumitri.

Sementara empat stadion lainnya, lanjut Syaiful, sudah disiapkan di Kabupaten Darmas Raya, Pasaman Barat, Agam, dan Kota Padang dengan Stadion Haji Agus Salim.

Delegasi Sumbar diterima Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Suwarno yang juga Ketua Tim Penjaringan Tuan Rumah PON XXI/2024 didampingi Wakil IV Ketua Umum KONI Pusat K Inugroho.

Keseriusan Sumbar ditunjukkan dengan diserahkannya surat dukungan resmi dari Gubernur Sumbar Iwan Prayitno dan Ketua DPRD Sumbar Ir Hendra Iwan Rahim.
"Sumbar mengandalkan kebersamaan untuk menjadi tuan rumah PON 2024. Kami akan menggelar pertandingan di 19 kabupaten/kota. Sudah ada kesepakatan tiap kabupaten/kota akan menyelenggarakan dua cabang olahraga," ujar Syaiful.

Keterangan Syaiful didukung Rasyidi Sumitri dengan menyatakan, pemerintah Sumbar sangat serius mendukung pembangunan sarana dan prasarana untuk menjadi tuan rumah PON 2024. Untuk pembangunan stadion utama sudah dianggarkan Rp 800 miliar.
"Stadion Utama nanti akan diberi nama Gelora Bung Hatta. Ini akan melengkapi Gelora Bung Karno di Jakarta. Ini salah satu andalan kami. PON XXI/2024 nanti akan menjadi momen bersejarah dengan menggabungkan dua nama proklamator Soekarno - Hatta," kata Rasyidi.

Ketua Umum KONI Pusat yang juga Ketua Tim Penjaringan Tuan Rumah PON XXI/2024 Suwarno mengatakan, sudah mengirimkan surat pendaftaran menjadi calon tuan rumah PON XXI/2024 Kamis (30/11) lalu. Dan, dia menyebut kehadiran delegasi Sumbar sekarang sebagai pengukuhan pencalonan tersebut. "Ya kita terima karena sudah mendaftar sesuai jadwal. Hanya penyerahan berkasnya terlambat karena ada halangan," ujar Suwarno. (gr)

Tulis Komentar