Pokmas PONARI Desa Rimbo Panjang dapat Bantuan Alat Produksi Nanas dari Universitas PCR

Kamis, 08 September 2022 | 09:49:26 WIB
Pokmas PONARI Desa Rimbo Panjang dapat Bantuan Alat Produksi Nanas dari Universitas PCRi Foto: Serah Terima Mesin Produksi Nanas, Dari Politeknik Caltex Riau

Rimbo Panjang - Gentaonpine.com (8/9) – Dalam rangka mendukung UMKM di Provinsi Riau naik kelas, Sejumlah dosen yang tergabung dalam Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Caltex Riau menyerahkan mesin produksi berupa mesin pemeras buah nenas dan mesin pengaduk dodol nenas kepada Kelompok Masyarakat Nenas Berduri (PONARI), Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Rabu 7 September 2022.
 
Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat Kompetitif Nasional Iptek bagi Masyarakat yang didanai oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2022. 

Tim PKM yang diketuai oleh Retno Tri Wahyuni, S.T., M.T. beranggotakan Elva Susianti, S.S.T., M.T. dan Rika Perdana Sari, S.T., M.Eng. berkomitmen akan memberikan pendampingan terhadap Pokmas PONARI di bidang produksi, desain kemasan dan pemasaran. 

“Mesin produksi ini merupakan hasil kolaborasi tim dosen dan mahasiswa dengan mitra industri yang bergerak di bidang manufaktur mesin produksi yaitu CV. Baja Diva. Kegiatan ini juga melibatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam rangka implementasi Kampus Merdeka,” ungkap Retno.

Retno juga menambahkan bahwa mesin produksi ini merupakan solusi terhadap permasalahan yang disampaikan oleh Pokmas PONARI pada proses produksi. Kegiatan lain yang akan dilaksanakan adalah berupa pelatihan foto produk, pemasaran produk dan pembuatan desain kemasan.

Kegiatan serah terima yang dilaksanakan di Kantor Desa Rimbo Panjang ini, sekaligus sebagai pembuka serangkaian program PKM yang telah dirancang oleh tim. Selain dihadiri oleh Tim Pokmas PONARI, dalam kegiatan ini dihadiri juga oleh kepala desa Rimbo Panjang Benzainal Arifin, Ketua Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Zulpandri, Koordinator konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kampar Muhammad Mukhlis dan juga Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kampar Iwan Kurniawan, SH. 

Kepala desa Bapak Benzainal mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Politeknik Caltex Riau dan berharap bantuan ini dapat menambah semangat bagi Pokmas PONARI sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Sementara itu, Mukhlis selaku perwakilan PLUT Kampar menyampaikan akan terus memberikan pendampingan agar PONARI dapat menghasilkan produk yang dapat masuk ke pasar yang lebih luas. 

Pada kesempatan tersebut Ketua umum HIPMI juga membidik PONARI karena dianggap potensial untuk dijadikan salah satu UMKM pilihan yang akan diajak untuk bermitra. “Kolaborasi antara Politeknik Caltex Riau, PLUT dan HIPMI akan ditindaklanjuti agar dapat mengasilkan produk unggulan Kampar, salah satunya berupa olahan buah nenas yang bahan bakunya banyak tersedia di Kampar,” pungkas Iwan.

Ketua Pokmas PONARI, Desi Meliati mengatakan, " Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dari LPPM Politeknik Caltex Riau, dengan bantuan tersebut Pokmas PONARI sangat terbantu dalam hal memproduksi produk hasil olahan masyarakat". Selanjutnya Buk Desi Meliati mengharapkan keseriusan pemerintah untuk memberikan fasilitas dan kemudahan perizinan P-IRT, Sertifikasi Higienis B-POM, dan label Halal dari Kementerian Agama. 

Kepala Desa Rimbo Panjang, Ben Zainal Arifin, mengatakan akan bertanggungjawab untuk membuat rumah produksi dengan menyiapkan Lahan untuk rumah produksinya, selanjutnya untuk membangun rumah produksi kami berharapkan kerjasama dari pemerintah kabupaten Kampar melalui HIPMI Kabupaten Kampar dan Forkopimda Kabupaten Kampar. Semoga harapan masyarakat ini bisa direalisasikan setelah kegiatan ini. Tutupnya.

( MDP )

 

Tulis Komentar