Mahfud MD: Pemerintah Mulai Pindah ke IKN Juli-Agustus 2024

Jumat, 17 Juni 2022 | 10:29:53 WIB
Mahfud MD: Pemerintah Mulai Pindah ke IKN Juli-Agustus 2024i Foto:

GENTAONLIINE.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menargetkan pemerintah akan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Juli atau Agustus 2024.

"Pada 2024 bulan Juli atau Agustus, pemerintah akan mulai pindah ke sana, dan Insya Allah 17 Agustus 2024 upacara diselenggarakan atau dipusatkan di IKN yang baru ini," kata Mahfud dalam rapat koordinasi dengan pejabat daerah di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Kamis (16/6).

Mahfud menyatakan bahwa perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara menjadi salah satu tugas penjabat kepala daerah. Karena itu, Ia meminta rencana tersebut tak bisa dibatalkan dan tak ada provokasi lebih lanjut.

"Pemindahan IKN itu juga jadi tugas Saudara-saudara, undang-undangnya sudah ada, tidak boleh terprovokasi lagi ini jadi atau nggak, ini dibatalkan atau nggak. Harus jadi," kata dia.

Lebih lanjut, Mahfud meminta penjabat kepala daerah dapat melibatkan masyarakat dalam pembangunan IKN. Ia juga berharap musyawarah dan konsultasi publik perlu dikedepankan menjaring aspirasi masyarakat di IKN.

"Kemudian supaya melibatkan masyarakat di dalam pembangunan. Masyarakat dapat berupa antisipasi, dalam proses persiapan pembangunan, pengelola IKN dalam bentuk konsultasi publik musyawarah dan sebagainya dan penataan ruang Nusantara tetap mengacu pada tata ruang Pulau Kalimantan," ujar dia.(cnn)

 

Tulis Komentar