Kasus Omicron di Pekanbaru, Sepuluh Sampel Kontak Erat Diperiksa

Senin, 31 Januari 2022 | 09:15:15 WIB
Kasus Omicron di Pekanbaru, Sepuluh Sampel Kontak Erat Diperiksai Foto:

GENTAONLINE.COM - Tim Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru masih fokus pada kontak erat keluarga pasien probable Omicron. Ada 10 orang anggota keluarga pasien yang menjalani swab PCR, Minggu 30 Januari 2022.

Kadiskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy menyebut, hasil swab PCR tidak hanya diperiksa di laboratorium biomolekuler RSUD Arifin Achmad. Sampel tersebut juga diperiksa di Litbangkes Kemenkes RI.

Mereka masih fokus pada penelusuran kontak erat keluarga pasien Covid-19 tersebut. Apalagi diketahui bahwa pasien probable Omicron di Kota Pekanbaru ternyata merupakan warga Rumbai.

"Sementara kita lakukan swab PCR bagi keluarga pasien saja, proses pengambilan sampel berlangsung di rumah," terang Zaini, Minggu siang.

Tim masih belum melanjutkan penelusuran ke rekan kerja pasien positif. Mereka bakal mengembangkan penelusuran setelah memperoleh hasil swab PCR keluarga pasien.

"Saat ini kita bersama tim masih fokus pada keluarga pasien, setelah itu kita lanjut ke rekan kerja yang bersangkutan. Penelusuran kita bakal berlanjut," ungkapnya.

Pasien positif probable Omicron menjalani isolasi terpusat. Ada rumah khusus yang menjadi tempat isolasi pasien tersebut.

Zaini menyebut bahwa rumah yang menjadi tempat isolasi bagi pasien tersebut kosong dan jauh dari kontak erat. Pasien juga tanpa gejala sehingga bisa melakukan isolasi mandiri.(roc)

 

Tulis Komentar