Gubernur Riau semai 154.686 benih ikan baung di Sungai Indragiri

Selasa, 14 Desember 2021 | 07:34:53 WIB
Gubernur Riau semai 154.686 benih ikan baung di Sungai Indragirii Foto: Penyemaian bibit ikan baung ini untuk melestarikan ikan baung di sungai ini

Pekanbaru- - Gubernur Riau Syamsuar menyemai sebanyak 154.686 benih ikan baung secara simbolis di Sungai Indragiri Desa Redang Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Senin.

"Penyemaian bibit ikan baung ini untuk melestarikan ikan baung di sungai ini sehingga diharapkan dengan berkembangnya ikan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Syamsuar kepada media di Indragiri Hulu, Senin.

Ia bersama pimpinan DPRD Riau berkunjung ke Indragiri Hulu dengan harapan melalui penyemaian benih ikan dan menanam pohon dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Herman menjelaskan kegiatan ini dilakukan bagian dari pengelolaan perairan umum daratan dan sebagai upaya kegiatan perikanan dalam memanfaatkan sumber daya ikan di perairan umum secara berkelanjutan.

"Pemanfaatan sumber daya ikan di perairan umum melalui kegiatan penangkapan mempunyai kecenderungan semakin tidak terkendali, jumlah ikan yang ditangkap tidak lagi seimbang dengan daya pulihnya. Penangkapan dengan menggunakan alat tangkap terlarang serta pencemaran lingkungan membuat stok ikan mengalami tekanan dan penurunan," katanya.

Karenanya pemulihan stok merupakan salah satu upaya penambahan ketersediaan ikan tangkap di perairan umum, karena perairan tersebut telah mengalami penurunan produksi dan padat tangkap.

Ia menjelaskan tujuan pemulihan stok adalah untuk meningkatkan populasi ikan lokal, melestarikan sumber daya ikan dan bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang yang telah digelar sejak 2012 itu.

Di Kabupaten Indragiri Hulu, kegiatan pemulihan sumber daya ikan telah dilakukan beberapa kali, sejak 2012 melalui APBD di Danau Kuantan Tenang Desa Baturijal Hulu Kecamatan Peranap ditebar 75.000 ekor benih ikan baung.

Pada tahun 2017 melalui APBD-P ditebar di Embung Rimpian Desa Rimpian Kecamatan Lubuk Batu Jaya sebanyak 65.000 ekor benih ikan baung. Kemudian tahun 2020 melalui APBD di Danau Mendayun Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat mencapai 46.835 ekor benih ikan baung.

"Tahun 2021 melalui APBD-P di Sungai Indragiri Desa Redang Kemana Rengat Barat mencapai 154.686 ekor benih ikan baung. Sumber daya ikan marilah kita jaga bersama agar dapat lestari dan berkelanjutan," katanya. (Ant)

Tulis Komentar