BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang di Akhir Pekan

Sabtu, 04 Desember 2021 | 08:43:52 WIB
BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang di Akhir Pekani Foto:

GENTAONLINE.COM - Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi mengguyur Riau di akhir pekan ini, Sabtu (4/12/2021).

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Bibin Sulianto mengatakan, hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan terus mengguyur Riau hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Bibin.

Ia mengatakan, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Kampar.

"Siang hingga sore hari potensi jujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi disebagian besar wilaya Riau," cakapnya.

Sementara malam hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kota Pekanbaru, Bengkalis, Kepulauan Meranti dan juga Rokan Hilir.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang namun tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai, Bengkalis dan Kepulauan Meranti," ucapnya.

Lanjut Bibin, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kabupaten Kampar dan Kabupaten Kuantan Singingi.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 55 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat – Utara dengan kecepatan 05 – 36 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter.

Waspada untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan terhadap gelombang laut tinggi yang dapat mencapai 2.5 meter di wilayah perairan Bintan dan Utara Bangka, Serta 2.0 meter di wilayah perairan Lingga, dan angin kencang di seluruh wilayah Kepulauan Riau.(ckc)

Tulis Komentar