Syamsuar Promosikan Destinasi Wisata Kampung Patin Kampar

Sabtu, 04 September 2021 | 08:47:58 WIB
Syamsuar Promosikan Destinasi Wisata Kampung Patin Kampari Foto:

GENTAONLINE.COM - Pandemi Covid-19 yang terlah berlangsung hampir dua tahun ini membuat sektor Pariwisata di Riau dampak yang cukup signifikan.

Untuk membangkitkan kembali destinasi wisata di Riau, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mulai mengunjungi destinasi wisata yang bisa dikunjungi masyarakat.

Salah satu tempat wisata yang dikunjungi Gubri, Syamsuar yang juga didampingi Kadis Pariwisata, Roni Rahmat, yakni Puncak Kompe, yang berada di jalan Lintas Riau-Sumatera Barat, tepatnya di Desa Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Jumat (3/9/2021).

Tidak jauh dari Kota Bangkinang, bagi masyarakat yang ingin merasakan sejuknya udara diatas Puncak Kompe, dengan pemandangan air danau dan di kelilingi bukit-bukit dan pulau-pulau kecil.

"Kita berkunjung ke Puncak Kompe, puncak yang tinggi sekaligus seperti Raja Ampat. Kalau ini Raja Lima, wisata yang indah di Kabupaten Kampar, dan banyak lagi wisata yang lain. Mari berwisata ke Riau, khususnya di Puncak Kompe, Kabupaten Kampar," ajak Gubri kepada CAKAPLAH.com di sela-sela menikmati pemandangan dari atas Puncak Kompe.

Sebelum menikmati keindahan Puncak Kompe, Gubri mengungjungi destinasi Kampung Patin dan usaha ekonomi kreatif di Desa Kota Mesjid, atau dikenal dengan Kampung Patin.

Gubri mengatakan dalam suasana pandmi Covid-19 di Riau ini, beberapa perekonomian masyarakat mulai menurun. Termasuk berkurangnya wisatawan yang datang ke Riau untuk berwisata.

Untuk itulah pihaknya mulai memulihkan perekonomian masyarakat, selain dari digaungkannya kembali pariwisata Riau, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Masyarakat di sini sangat kreatif, banyak usaha mikro dan usaha kecil dari keseharian. Kami tentunya saat ini sedang pemulihan ekonomi. Saat ini Desa Koto Mesjid telah bermitra dengan Pertamina Hulu Rokan dalam rangka mengembangkan UMKM. Hari ini manajemen CSR Pertamina berkunjung ke sini sekaligus melakukan edukasi dan memberi bantuan untuk menggerakan usaha mikro dan usaha kecil Koto Mesjid ini," terangnya.

Karena itu, lanjut Gubri, Pemprov Riau siap memberikan dukungan berupa promosi dan infrastruktur di destinasi wisata. "Termasuk pihaknya mengajak swasta dan Badan Usaha Milik Negara agar bisa menjadi mitra dalam rangka mengembangkan ekonomi kreatif sekaligus wisata," tutupnya.(ckc)

Tulis Komentar