Pemkab Kampar Akan Bangun Sentra Industri Perikanan

Kamis, 12 Oktober 2017 | 17:02:22 WIB
Pemkab Kampar Akan Bangun Sentra Industri Perikanani Foto:

GENTAONLINE.COM-Bupati Kampar Azis Zaenal beserta Wakil Catur Sugeng Susanto, Sekda Kampar Yusri, Asisten II Nurbit, Kadis Perikanan Usman, Camat Kampa Alkausar serta OPD lainnya di dampingi masyarakat dan Kepala Desa Kamis, 12 Oktober 2017 melihat langsung lahan pengolahan hasil perikanan yang ada di Kampar di Desa Koto Panjang Kecamatan Kampa.

Nantinya dilahan seluas 68 hektare Pemkab Kampar akan membangun Pusat Industri Perikanan berupa Gudang Beku terintegrasi dengan contoh site plan UPI/ICS, dengan daya UPI Produksi 13,10, 5 ton/hari dengan kapasitas Cold Storage 200 ton.

Saat ditanya mengenai status pembangunan yang dulu pernah dicanangkan namun selama beberapa periode terbengkalai dan tidak ada proses pembangunan Azis menggambarkan pemerintah adalah pihak yang dirugikan terutama masyarakat dan pelaku usaha perikanan.
"Pemerintah dan masyarakat dirugikan, nyatanya coldstorage tak jadi, uang kita hilang. lahan sudah dibebaskan dan orangnya tak jelas artinya tidak ada pembangunan." ungkap Azis

Selanjutnya saat azis meninjau langsung lokasi pembangunan tersebut dirinya mengharapkan ini nantinya bukan hanya sekedar sentra industri perikanan yang tidak hanya berbasis pada sektor perikanan namun juga kedepannya menjadi Icon baru Kabupaten Kampar terutama di bidang pariwisata, masyarakat dapat menikmati proses pengelolaan ikan dan juga menikmati suasana wisata di tepian sungai kampar plus wisata kuliner disana.

sementara itu mengenai pendanaan dalam hal pembangunan, Azis mengirim stafnya dalam hal ini Kadis Perikanan Usman untuk merebut dana pusat dan akhirnya diberikan bantuan sebanyak 20 milyar dan akan disegerakan pembangunannya dalam satu tahun mendatang.
"untuk itulah kita mendesak pemerintah pusat melalui APBN alhamdulilah tahun ini kita mendapat bantuan 20 milyar untuk membangun cold storage baru dan industri perikanan kita akan terangkat dan pada bulan november atau desember mendatang akan segera kita lelang" tutup Azis. (rls/dr)

Tulis Komentar