Hari Ketiga,

TNI-AU dan USPACAF Amerika Mulai Latihan Manuver Udara

Jumat, 18 Juni 2021 | 10:03:44 WIB
TNI-AU dan USPACAF Amerika Mulai Latihan Manuver Udarai Foto:

GENTAONLINE.COM - Setelah melakukan terbang pengenalan, pada hari ketiga Latihan Bersama (Latma) pesawat tempur F-16 milik TNI-AU dan United State Pacific Air Force (USPACAF) Amerika mulai bermanuver udara ke udara (air to air). Latma dengan sandi Cope West 2021 di langit Riau tersebut, adalah Basic Fighter Maneuver (BFM).

Komandan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Jajang Setiawan, mengatakan, materi latihan BFM merupakan gerakan taktis dasar yang harus dikuasai oleh setiap penerbang tempur (fighter). "BFM mutlak dikuasai oleh semua fighter. Karena, teknik ini merupakan dasar bagi setiap penerbang tempur dalam melaksanakan pertempuran di udara," kata Jajang, Kamis (17/6/21).

Skenario itu, dimaksudkan strategi penguasaan dalam penyerangan misi tempur jarak dekat atau dogfight. Penguasaan teknik ini, lanjut perwira dengan melati tiga dipundak tersebut, memberikan peluang besar dalam memenangkan duel udara. Selain itu, misi itu juga bisa membantu pesawat kawan yang sedang terancam, termasuk juga meminimalisir resiko tertembak oleh senjata udara oleh pesawat musuh.

"Melalui penguasaan BFM, menempatkan posisi unggul dalam melaksanakan dogfight. Keunggulan ini memungkinkan penerbang melakukan penyerangan terhadap pesawat musuh," ungkap lulusan Akademi Angkatan Udara 1997 tersebut. Pada latihan Cope West hari keempat ini, pesawat F-16 Skadron Udara 3 melaksanakan dua sorties penerbangan, Skadron Udara 16 enam sorties, sementara 13th Fighter Squadron PACAF Misawa melaksanakan delapan sorties penerbangan

Keempat Skadron tempur ini terbagi dalam empat flight, dengan call sign ridder flight, phanter flight, rage flight dan falcon flight. Latihan bersama dua negara bersahabat ini, diselenggarakan di area latihan Lanud Roesmin Nurjadin, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.***(rtc)

Tulis Komentar