Sinabung Erupsi Disertai Awan Panas, Tinggi Kolom Abu 3,5 Km

Rabu, 19 Mei 2021 | 09:24:17 WIB
Sinabung Erupsi Disertai Awan Panas, Tinggi Kolom Abu 3,5 Kmi Foto:

GENTAONLINE.COM - Aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu teramati mencapai 3.500 meter di atas puncak, Rabu (19/5/2021).

"Sinabung erupsi pada pukul 04:48 WIB dengan tinggi kolom mencapai 3.500 meter di atas puncak," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG Armen Putra.

Dia menyebutkan saat erupsi kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 11 menit 18 detik.

"Erupsi juga disertai dengan awan panas ke arah timur - tenggara sejauh 3.000 meter. Saat ini Gunung Sinabung masih berada pada status Level III atau Siaga," paparnya.

Armen tetap mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gumung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik," urainya.

Armen mengingatkan masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

"Selain itu gunakan sarana air bersih dan bersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," pungkasnya.(cnn)

Tulis Komentar