Pakai Master Plan, Dr M Ikhsan Dedahkan Konsep Penanggulangan Banjir Pekanbaru

Jumat, 15 Januari 2021 | 07:16:28 WIB
Pakai Master Plan, Dr M Ikhsan Dedahkan Konsep Penanggulangan Banjir Pekanbarui Foto: Team Leader Master Plan banjir Kota Pekanbaru Dr M Ikhsan, M.Sc dan kawan-kawan

PEKANBARU-Carut marut mengenai masalah banjir yang terjadi di Kota Pekanbaru setiap tahunnya akhirnya terjawab sudah. Team Leader Master Plan banjir Kota Pekanbaru Dr M Ikhsan, M.Sc dan kawan-kawan akhirnya merampungkan konsep penanggulangan banjir yang disusun dalam aplikasi sederhana.

Di hadapan sejumlah awak media di Kota Pekanbaru, pada bincang-bincang santai di Kedubes Coffee, Kamis 14 Januari 2021 malam, Dr M Ikhsan mendedahkan secara detail master plan yang merupakan hasil kerja kerasnya selama lebih kurang lima bulan, mencari dan menganalisa sumber penyebab banjir yang menjadi agenda tahunan di Kota Pekanbaru, disaat musim penghujan tiba.

Menurutnya, metode pengelolaan banjir yang disebabkan oleh hujan di Kota Pekanbaru adalah kombinasi antara penyerapan air dengan penyaluran air. Keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RT), hutan kota, daerah-daerah serapan (Catchment Area), perlu dihidupkan untuk mengurangi air yang mengalir ke permukaan yang masuk ke parit.

"Atau paritnya yang diperbesar sehingga air yang tidak bisa diserap dipermukaan bisa disalurkan ke sungai-sungai yang menjadi pembuangan akhir," cetus M Ikhsan.

Lebih lanjut M Ikhsan menjelaskan fakta yang terjadi di Kota Pekanbaru hari ini adalah parit-parit yang ada bukan bertambah besar, malah cenderung mengecil disebabkan oleh tumpukan sampah, endapan pasir, parit yang tumbang, serta ada masyarakat yang membangun bangunan di sekitar drainase tanpa memperhatikan kondisi parit yang ada, apakah airnya bakal lancar apa tidak. 

"Itulah sebenarnya, penyebab banjir yang sudah kami identifikasi secara berbulan-bulan bersama tim," ujar Alumnus Doktoral Utah State, Amerika Serikat ini.

Akhir perbincangan ini Dr M Ikhsan merekomendasikan beberapa hal untuk menuntaskan permasalahan banjir di Kota Pekanbaru. Semuanya sudah diidentifikasi dan disusun rapi dalam master plan yang bisa diakses oleh masyarakat luas. Mulai identifikasi penyebab banjir, peta drainase serta budgeting dan rentang waktu penyelesaian sudah terangkum dalam master plan tersebut.

"Secara garis besar kita merekomendasikan beberapa hal seperti perbaikan drainase, normalisasi  anak sungai, pembuatan perangkap sampah dan pasir, penambahan kolam retensi. Serta yang paling penting adanya petugas patroli drainase yang betul-betul bertugas mengawasi drainase yang ada di Kota Pekanbaru ini," tutup M Ikhsan.*****(Rilis)

Tulis Komentar