Pastikan Pengawas Bebas Covid19, Bawaslu Riau Lakukan Swab Test

Senin, 14 September 2020 | 12:25:06 WIB
Pastikan Pengawas Bebas Covid19, Bawaslu Riau Lakukan Swab Testi Foto:

GENTAONLINE.COM - Untuk memastikan seluruh personil bebas vovid19 Bawasli Riau hari ini Senin (14/09/2020). melakukan Swab Test seluruh Komisioner dan Staff.

Wabah Pandemi Covid-19 khususnya di wilayah Provinsi Riau, semakin hari semakin menghawatirkan. atas dasar itu, Bawaslu Provinsi Riau melakukan upaya Pencegahan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan melakukan Swab test kepada Pimpinan serta Seluruh Staff di lingkungan Sekretariat Bawaslu Provinsi Riau.

Pelaksanaan Swab Tes dilakukan di Aula Sekretariat Bawaslu Provinsi Riau, jalan Adi Sucipto No.284 Komplek Transito, Pekanbaru pada pukul 09.00 WIB sampai dengan Pukul 11.00 WIB.

Pelaksanaan Swab test di dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan. Pasca pengambilan Swab, Rusidi mengatakan bahwa selaku Pengawas pemilu pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Riau tidak hanya sebatas pengawasan elektoral yaitu Pengawasan terhadap regulasi yang ada, tetapi juga mengawasi sesuatu yang bersifat non elektoral yang berarti menjamin kesehatan dan keselamatan para pegawai Bawaslu Provinsi Riau beserta pejabat di lingkungan Sekretariat Bawaslu Riau.

"Pengawasan yang kita lakukan tidak hanya pengawasan elektoral sja, tetapi non elektoral. Maksudnya adalah pengwasan terhadap kesehatan dan keselamatan seluruh pimpinan, pejabat, dan staf dilingkungan Bawaslu Riau." tutur Rusidi.

Pelaksanaan Swab test berdasarkan peraturan KPU (PKPU) nomor 6 Tahun 2020 yang dirubah menjadi PKPU nomo 10 Tahun 2020 Pada pasal 2 ayat (2), menjelaskan bahwa Pemilihan Serentak Lanjutan selain diselenggarakan dengan mengutamakan prinsip kesehatan dan keselamatan yang berpedoman pada protokol kesehatan, pencegahan, dan pengendalian virus Covid-19.

Sebanyak 56 orang mengikuti Swab test hari ini yang terdiri dari Pimpinan Bawaslu Provinsi Riau sebanyak 5 orang, Staf PNS sebanyak 14 orang, dan 37 orang staf PPNPNS/Honorer.

Pelaksanaan Swab di Bawaslu Riau dibantu oleh Satuan gugus tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau yang dipimpin oleh Puspa Riana, S.Si, Apt Kasi Pelayanan Klinis Upt Labkesling Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Adapun hasil Swab akan di berikan kepada Bawaslu Riau akan di berikan setelah 3 hari pasca pelaksanaan yaitu pada tanggal 17 September 2020.

Rusidi berharap agar hasil pelaksanaan tes hari ini kepada seluruh pimpinan maupun staf Bawaslu Riau, mendapatkan hasil yang diharapkan yaitu negatif, sehingga kerja-kerja pengawasan yang dilakukan Bawaslu Provinsi Riau, dapat berjalan sesuai dengan tahapan yang ada.

"Semoga hasil swab saat ini, semua negatif. Jadi kita dapat bekerja dengan baik dan tenang, tetap dengan mematuhi Protokol Kesehatan yang ada." harapnya.

Tulis Komentar