Delegasi PWI Riau akan Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Siak

Kamis, 26 Desember 2019 | 08:40:17 WIB
Delegasi PWI Riau akan Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Siaki Foto:

GENTAONLINE.COM - Di penghujung tahun 2019 ini, Gerhana Matahari Cincin bisa dilihat masyarakat pada Kamis (26/12/2019) sekitar pukul 12.16 WIB.

Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi 300 tahun sekali ini menjadi daya pikat masyarakat seantero dunia untuk melihatnya.

Termasuk delegasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau yang langsung digawangi Ketua PWI Riau, Zulmansyah. Turut bersama delegasi PWI Riau yakni Pengurus Serikat Perusahaan Suratkabar (SPS) Riau, mahasiswa perguruan tinggi dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Kami dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau dan SPS Riau alhamdulillah berkesempatan akan melihat Gerhana Matahari Cincin ini," ujar Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang kepada awak media yang turut serta menyaksikan fenomena alam ini di Kabupaten Siak, Rabu (25/12/2019).

Zulmansyah menyampaikan, kegiatan SPS dan PWI ke Siak antara lain bersilaturahmi dengan Bupati Siak dan Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN) serta melihat hutan mangrove yang dikelola oleh PT EMP di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit.

Untuk diketahui, lokasi pengamatan Gerhana Matahari Cincin (GMC) berada di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit. Untuk menuju lokasi ini, perjalanan kurang lebih 2 jam dari Kota Siak.

Sebelum fenomena alam ini muncul, delegasi PWI Riau melaksanakan salat Gerhana bersama masyarakat dan unsur Pemerintah Kabupaten Siak. Menariknya lagi, usai Gerhana Matahari Cincin ini muncul, masyarakat dihibur dengan penampilan Nissa Syabian Gambus.(ckc)

Tulis Komentar