Sukiman Berharap Diusung PAN di Pilkada Rohul 2020

Selasa, 24 Desember 2019 | 09:26:39 WIB
Sukiman Berharap Diusung PAN di Pilkada Rohul 2020i Foto:

GENTAONLINE.COM - Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman berharap dirinya diusung DPP Partai Amanat Nasional (PAN), sehingga bisa berlayar di helatan Pilkada serentak 2020. Hal itu disampaikan langsung Sukiman juga Bupati Rokan Hulu kepada Ketua DPD PAN Rokan Hulu, saat kembalikan berkas formulir penjaringan di Jalan Tuanku Tambusai, Pasirpangaraian, Senin sore (23/12/2019).

Kedatangan bakal calon (Balon) Bupati Sukiman bersama rombongan dari Pengurus DPC Partai Gerindra Rokan Hulu, dan Ketua DPRD Rokan Hulu Novliwanda Ade Putra ST turut disambut luar biasa oleh Ketua DPD PAN Rokan Hulu M Sahril Topan ST, dan pengurus DPD.

Pada sekapur sirihnya, Sukiman selaku Balon Petahana mengucapkan terima kasih atas sambutan luar biasa dari para pengurus DPD Kabupaten Rokan Hulu. Kepada Ketua DPD PAN Rokan Hulu M Sahril Topan dan pengurus, Sukiman menyampaikan keseriusannya untuk maju Pilkada serentak 2020, dan membangun Kabupaten Rokan Hulu lebih maju lagi.

Mantan Dandim Indra Giri Hilir ini mengharapkan dirinya sebagai bakal calon yang juga pengurus DPC Partai Gerindra Rokan Hulu bisa diterima dan diusung oleh PAN di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada tahun depan.

Sementara, Ketua DPD PAN Rokan Hulu, M Sahril Topan, mengaku sampai Senin 23 Desember 2019, ada enam Balon Bupati dan Balon Wabup yang telah mengembalikan formulir pendaftaran penjaringan ke partainya. Topan mengaku tidak ada perlakuan khusus terhadap Sukiman meski merupakan calon Petahana. PAN tetap mengacu PP 03 yang mengatur Tentang Pilkada dan mengikuti proses survey yang bakal dilakukan oleh DPP. 

Selain itu, Topan? menuturkan sejauh ini sudah enam Balon yang telah mengembalikan berkas penjaringan ke DPD PAN Rokan Hulu, yaitu tiga Balon Bupati terdiri Gustian Riau, Hafith Syukri dan Sukiman. Untuk Balon Wabup yang sudah mengembalikan formulir baru Roni.

Sedangkan tiga Balon lain sudah dijadwalkan akan mengembalikan sebelum ditutupnya proses pengembalian formulir sampai Rabu 25 Desember 2019, yaitu kader PAN Erizal, Hamulian, M Sahril Topan sendiri, dan Murnis Mansyur.

Pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu ini mengaku dirinya ikut mengambil formulir penjaringan sebagai Balon Bupati pada Pilkada 2020, karena merupakan sebuah proses politik di DPD PAN Kabupaten Rokan Hulu.

"Tentu kita mendaftar sebagai calon nomor satu dulu, tapi nanti dalam prosesnya kita lihat seperti apa," kata Topan, Anggota? DPRD Kabupaten Rokan Hulu dari Dapil dua (Tambusai dan Tambusai Utara). Terlepas itu, Putra Tambusai ini juga menanggapi terkait dirinya yang sempat dikabarkan bakal berpasangan dengan Balon Bupati Sukiman di Pilkada 2020.

Menurutnya, untuk maju Pilkada harus mengikuti mekanisme survey yang akan dilakukan DPP PAN nantinya. "Bagi saya kader partai (PAN) kalau survey itu memungkinkan untuk kita maju ya? saya fikir tidak ada persoalan," kata pria yang pernah menjabat Ketua KNPI Kabupaten Rokan Hulu ini.

"Tapi kalau seandainya pada sisi? survey-nya sepertinya memaksakan diri ya kita juga tidak mau seperti itu, karena target PAN bagaimana memenangkan kompetisi di Pilkada yang akan datang ini," pungkas M Sahril Topan, dan mengatakan survey yang akan digunakan merupakan survey nasional.(rtc)

Tulis Komentar