Mahasiswa Universitas Riau Sosialisasikan Pembuatan Nugget Ikan Lele di Desa Lukun

Jumat, 13 Desember 2019 | 09:50:48 WIB
Mahasiswa Universitas Riau Sosialisasikan Pembuatan Nugget Ikan Lele di Desa Lukuni Foto:

GENTAONLINE.COM - Hasil perikanan seperti ikan, udang, kepiting dan kerang-kerangan merupakan sumber protein yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi tubuh.

Tidak hanya protein, kandungan lemak tidak jenuh (Poly-unsaturated Fatty Acid/PUFA) pada hasil perikanan juga lebih banyak dibanding jenis pangan lainnya, khususnya pada ikan laut.

Jenis PUFA yang terdapat pada ikan laut, diantaranya Omega-3 dan Omega-6, sementara pada ikan air tawar, PUFA yang mendominasi adalah Omega-9. PUFA, khususnya jenis Omega-3, diperlukan untuk mendukung kecerdasan anak karena mengandung DHA (Docosahexaenoic acid), EPA (Eicosapentaenoic acid) dan ALA (Alpha Linolenic Acid).

Kandungan asam lemak pada ikan juga dapat membantu mencegah Arteriosklerosis dan kolesterol. Seperti yang kita ketahui, kolesterol merupakan pemicu utama terjadinya serangan jantung dan stroke.

"Mayoritas masyarakat di Desa Lukun, sangat gemar mengkonsumsi olahan makanan yang berasal dari daging ikan. Hal ini didukung oleh hasil ikan yang banyak di daerah tersebut," ujar sekretaris kegiatan, Nisa Nofriani, Kamis (12/12/2019).

Dijelaskan Nisa, Tim Kukerta Universitas Riau dengan program ini mencoba untuk memperkenalkan olahan nugget ikan kepada masyarakat Desa Lukun.

Target kegiatan ini adalah Ibu rumah tangga yang beberapa dari mereka juga berjualan makanan ringan di desa ini. Kegiatan ini disambut dengan baik oleh masyarakat Desa Lukun serta didukung dan di fasilitasi oleh ibu-ibu PKK.

"Tim Kukerta Universitas Riau sangat senang dengan antusiasme ibu-ibu dalam mengikuti arahan dari Tim Kukerta Universitas Riau," pungkasnya. (grc)

Tulis Komentar