Kerjasama Dengan Dewan Riau, Tahun ini Pemprov Bangun 2000 Unit RSLH

Rabu, 06 Februari 2019 | 17:18:20 WIB
Kerjasama Dengan Dewan Riau, Tahun ini Pemprov Bangun 2000 Unit RSLHi Foto:

GENTAONLINE.COM-Pemerintah Provinsi Riau bersama DPRD Riau terus berkomitmen untuk membangun Rumah Sehat Layak Huni (RSLH). Untuk tahun 2019 ini, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Riau, akan membangun kembali 2.000 unit RSLH dengan anggaran sebesar Rp60 juta/unit.

Anggota komisi IV DPRD Riau, Asri Auzar mengatakan program yang telah berjalan dari tahun-tahun sebelumnya tersebut kembali dilanjutkan, sebab program tersebut mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. "Saat kita turun ke lapangan, banyak masyarakat yang mengharapkan rumah layak huni ini. Yang belum dapat dimohon bersabar, karena 2019  kembali dibangun sebanyak 2.000 unit," kata Asri Auzar, Rabu (6/2).

Anggota Dewan asal Rokan Hilir ini menyebutkan, setiap kabupaten/kota memiliki jatah 178 unit yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun ini.

Lebih lanjut, Ketua DPD Demokrat Riau tersebut meminta agar penerima bantuan RSLH harus tepat sasaran dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan. "Kita minta kepada Pemprov untuk memberikan bantuan kepada yang betul-betul membutuhkan, sesuai dengan aturannya penerima berumur 60 tahun, sudah tidak bisa membangun rumah, rumahnya yang lama sudah reyot sehingga diganti dengan RSLH. Ketentuannya juga tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Cukup ketat, kalau tahun lalu syaratnya ada tanah sudah bisa dibangun, namun tahun ini harus ada rumah. Nanti tim yang nilai layak atau tidak, baru bisa dibangun," imbuhnya.

Lebih jauh Asri mengatakan, pihaknya mendukung program tersebut karena pembangunan RSLH tersebut juga melibatkan organisasi masyarakat setempat.

"Nanti kita juga akan melakukan hearing dengan Dinas terkait untuk melakukan evaluasi terhadap capaian kinerja mereka," tutupnya. (*)

Tulis Komentar