Nasib Makam Tua Berusia 500 Tahun Terbengkalai di Bengkalis

Senin, 21 Januari 2019 | 19:47:34 WIB
Nasib Makam Tua Berusia 500 Tahun Terbengkalai di Bengkalisi Foto:

GENTAONLINE.COM-Kabupaten Bengkalis  banyak menyimpan bukti sejarah dan cagar budaya, tentang asal usul dari negeri junjungan ini. namun sayang banyak peninggalan yang kerap terlupakan oleh pemerintah sehingga cenderung tak terurus dan terbengkalai.

Kurang seriusnya perhatian Pemerintah Daerah mengenai peninggalan Situs Sejarah membuat banyaknya Cagar Budaya terbengkalai hingga rusak karena tergerus zaman. Seperti Tanah Kuburan yang terletak di Gg. Haji Kitah, Desa Pengkalan Batang, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, yang terlihat sangat memprihatinkan. 

Menurut Ismail, pembersih juga sekaligus menjaga dan merawat makam tersebut pada Media ini mengatakan bahwa sebelumnya tanah makam ini besar tapi terkena abrasi akibatnya ratusan meter tanah makam ini habis. "Abrasi biasanya diakibatkan jika pada saat ada gelombang fery saat melintas dan air pasang dalam juga selalu merusak tanah pinggir Makam yang ada" terangnya Senin (21/1).

Dikatakan Ismail, selama ini belum ada dari pemerintah baik itu desa maupun pemda untuk melirik dan memperhatikan makam ini.
"Sampai saat ini seperti belum ada satu orang pun berkeinginan untuk memperhatikan makam ini, termasuk  pemerintah desa sendiri, sedih memang inikan makam nenek moyang kita, masa kita sebagai anak cucu hanya berpangku tangan seperti tidak mengingat perjuangan mereka dahulu," ungkap Ismail sambil menunjukan makam yang rusak. 

”saya berharap kepada pemerintah kabupaten Bengkalis, agar bisa berupaya untuk melakukan pembangunan turap, supaya tidak menjadi tambah parah dan di khwatirkan nantinya kuburan tersebut sebagian besar banyak yang hilang, apa lagi ini kuburan Datok Moyang kita yang berusia sekitar 500 tahun,"  Imbuhnya menutup.

Kepala desa pangkalan Batang Faisal mengatakan bahwa dari Pemerintahan Desa sudah mengajukan kepada Pemda Bengkalis dan sekarang masih menunggu.

"Kami sudah ajukan ke pemerintah kabupaten Bengkalis mengenai makam tersebut dan juga sudah kami ukur sekitar dua bulan lalu, mudah-mudahan di tahun 2019 ini bisa terbagun," Harapnya ketika dikonfirmasi wartawan Senin sore (21/1).

Tulis Komentar