Pelatihan dan Pemantapan Kinerja Redaktur oleh PJC Usai, Peserta Puas dan Termotivasi

Senin, 14 Januari 2019 | 16:16:54 WIB
Pelatihan dan Pemantapan Kinerja Redaktur oleh PJC Usai, Peserta Puas dan Termotivasii Foto:

GENTAONLINE.COM-Pelatihan Pemantapan Kinerja Redaktur yang digelar oleh Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Jurnalist Center (PJC) resmi ditutup, Minggu (13/1). Kegiatan yang terpusat di RR Cafe, Jl. Kaharudin Nasution, Pekanbaru ini digelar sejak Sabtu pagi (12/1) dan meluluskan lebih dari 20 wartawan dan Pemimpin Redaksi (Pemred) berbagai Media se-Riau.

Dikatakan Direktur PJC Drs. Wahyudi El Panggabean, MH, kegiatan dengan tema  'Hindari Delik Pers dengan  Propesionalisme dan Integritas' berawal dari keprihatinan sebagai insan pers terhadap salah seorang Pemred Media online yang dipaksa berhadapan hukum dengan salah seorang Kepala Daerah di Riau.

"Kita prihatin saat ini Marwah pers sedang terancam. Teman kita, Toro Laiya sebagai terlapor harus berkali-kali berhadapan dengan Hakim Kejaksaan akibat memberitakan atau berupaya mengungkap kebenaran. Dari situ, makanya muncul ide untuk mengupas soal Delik Pers ini agar kedepannya tidak ada lagi wartawan yang terjerat kasus hukum" terang mantan Redaktur SKM Genta itu. 

Dalam kegiatan ini peserta tidak hanya dibekali dengan teori, tapi mengedepankan praktek. Adapun materi yang dipaparkan diantaranya Pengenalan dan Wawasan Jurnalistik, Strategi Menembus Jurnalistik, Teknik Peliputan dan Reportase Investigasi dan Strategi Wartawan Menghindari Delik Pers.

Salah seorang peserta Muhammad Nasir mengapresiasi dan puas mengikuti kegiatan tersebut. Wawasan dan pengalaman instruktur serta banyaknya praktek menjadikan kegiatan ini efektif dan tidak membosankan. "Selama ini kalau pelatihan Jurnalistik kebanyakan teori yang disuguhkan, Praktek dilapangannya ngambang. Tapi disini mental Jurnalis terbangun dan Wawasan-nya bertambah" ujar Pemred seputarriau.co itu.

Hal senada disampaikan oleh peserta asal Bengkalis Fadil. Baginya, pelatihan tersebut memberikan motivasi yang luar biasa dan menggerakkan hatinya untuk menjadi wartawan yang berani dan beretika.
"Melalui pelatihan ini juga saya semakin mantap untuk menjadi wartawan yang menerapkan kaidah dan norma sesuai aturan UU Pers dan ketetapan Dewan Pers" tutur pria berperawakan tegap ini.

Kegiatan luar biasa itu ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, instruktur dan pengelola PJC. Peserta yang lulus diberikan sertifikat yang ditandatangi langsung oleh Direktur PJC. (Genta)

Tulis Komentar