Begini Penampakan Harimau yang Terjebak Disela Ruko di Pulau Burung

Kamis, 15 November 2018 | 11:15:40 WIB
Begini Penampakan Harimau yang Terjebak Disela Ruko di Pulau Burungi Foto:

GENTAONLINE.COM-Seekor harimau sumatera terjebak di sela ruko di pemukiman warga di Kilometer 00, Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rabu (14/11/2018).

Dikutip dari tribunnews.com, saat terjebak di sela ruko, hewan dilindungi tersebut sempat mencoba melarikan diri, namun karena ketakutan melihat banyaknya warga, harimau itu akhirnya kembali bersembunyi di bawah kolong ruko milik warga.

Untuk mengevakuasi harimau tersebut, BBKSDA Riau menurunkan dua tim Desa Pulau Burung. Kepala BBKSDA Inhil, Suharyono menuturkan, tim pertama dari Rengat, Indragiri Hulu (Inhu) berjumlah 5 orang langsung menuju lokasi.
 
Selanjutnya tim kedua dari Kota Pekanbaru meluncur sekitar pukul 15.30 WIB dengan di perkuat tim medis serta peralatan seperti bius dan lainnya diperkirakan sampai, Kamis (15/11/2018) sekitar pukul 02.00 dini hari.
''Kita menerima quick respon call center terkait harimau terjebak diantara dua ruko sekitar sekitar pukul 10.00 WIB. Langsung kita kabari teman-teman untuk merespon,'' ujarnya.

Karena jarak lokasi kejadian dari Pekanbaru lebih kurang 10 jam, Suharyono langsung berkoordinasi dengan unsur Forkompimcam setempat sembari menunggu tim BBKSDA sampai di lokasi.
''Ternyata respons Pak Camat, Kapolsek dan Danramil bagus dalam melokalisir dan melakukan sosialisasi tidak ada tindakan anarkis atau apapun dari masyarakat terhadap harimau. Itu yang paling utama sehingga diharapkan tidak ada korban pada masyarakat dan harimaunya bisa juga diselamatkan,'' jelas Suharyono.

Setelah sampai di lokasi, menurut Suharyono, tim akan melakukan orientasi lapangan dan tindakan seperlunya.
''Langkah berikutnya tentunya kita lakukan evakuasi, termasuk cek kesehatan kepada harimau tadi. Kita melakukan observasi dan rehabilitasi, stres (HS) perlu waktu,'' ucapnya.
Setelah rehabilitasi selesai, BBKSDA akan mencari tempat huni berikutnya yang sesuai dengan habitatbsi belang tersebut.

''Ada beberapa lokasi sesuai dengan habitatnya, kemungkinan besar harimau daratan rendah rawa harus mencari alternatif sesuai habitat asli. Harimau sudah cukup dewasa tapi jenis kelamin belum diketahui,'' katanya. (Genta/TB)

Tulis Komentar