Paguyuban Caleg Duafa: Pemilu 2019 Harus Jujur dan Adil

Senin, 21 Mei 2018 | 06:09:27 WIB
Paguyuban Caleg Duafa: Pemilu 2019 Harus Jujur dan Adili Foto:

GENTAONLINE.COM-Bila sesuai rencana, momentum suksesi kepemimpinan nasional akan berlangsung melalui Pemilihan Umum 17 April 2019 mendatang. Selain memilih Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, juga akan digelar Pemilihan Legislatif mulai dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/ kota. Ratusan ribu calon anggota legislatif akan bertarung memperebutkan kursi di 542 daerah pemilihan. 

Menghadapi gelaran tersebut, sekelompok aktivis prodemokrasi menyatakan kesiapan maju menjadi legislator dan akan menghimpun segenap kekuatan bersih, progresif dan nasionalis ke dalam wadah Paguyuban Caleg Duafa (PCD), sebagai alat perjuangan memperbaiki citra lembaga legislatif yang kian miring di mata publik.

"Kami akan amankan Pemilu 2019 agar berlangsung secara jujur dan adil. Selama ini, banyak keluhan dan kritik masyarakat bahwa banyak anggota dewan terhormat hanyalah 4D alias datang, duduk, diam dan duit, tak peduli akan janji kampanye. Terlebih, politik transaksional bagi-bagi uang kian merajalela, kursi wakil rakyat hanya menjadi alat tekan bancakan APBN dan APBD, lalai dalam mengontrol kekuasaan agar meningkatkan kesejahteraan rakyat" ujar Ketua Presidium PCD Syafti Hidayat dalam rilisnya, Senin (21/5).

Aktivis yang akrab disapa Ucok ProDEM tersebut menerangkan, Paguyuban Caleg Duafa (PCD) telah mempersiapkan berbagai kerja-kerja konkrit, dimulai dengan melakukan kampanye terbuka anti politik uang, manipulasi data dan penyalahgunaan kekuasaan negara yang akan merusak Pemilu 2019. PCD juga akan bergotongroyong mendorong terpilihnya para calon legislator dengan rekam jejak kerakyatan yang panjang tetapi minim dalam hal pendanaan keuangan di era demokrasi yang kian liberalistik.

Di awal pendirian, Ucok akan dibantu beberapa Koordinator Wilayah (Korwil) PCD, antara lain Ricky Tamba, Nandang Wirakusumah dan Kuldip Diva Singh. Beberapa nomor pesan dan grup WhatsApp (WA) PCD telah disiapkan melalui 081311028333/ 081272313198/ 087885956804/ 081388712012, guna menampung aspirasi dan saran dari jejaring calon legislator lintas partai dari berbagai daerah se-Indonesia. 

"Pemilu 2019 harus jujur dan adil! Saatnya kita sudahi keterpurukan bangsa dan penderitaan rakyat. Ayo caleg duafa bersatu, kita bertempur gagasan dan komitmen kebangsaan melawan para elite dan politisi busuk yang hancurkan citra legislatif selama ini. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Terus berjuang bangkitkan daulat rakyat dan jaga NKRI!" pungkas Syafti Hidayat. (Genta/rls)

Tulis Komentar