Hengkang Dari PAN, Syamsurizal Dukung Firdaus-Rusli Efendi

Senin, 22 Januari 2018 | 23:42:29 WIB
Hengkang Dari PAN, Syamsurizal Dukung Firdaus-Rusli Efendii Foto:

GENTAONLINE.COM-Usai dipastikan gagal mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Riau, Syamsurizal memilih menjadi tim sukses pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau, Firdaus MT-Rusli Effendi. Bahkan mantan bupati Bengkalis dua periode tersebut mengambil resiko dengan mundur sebagai kader Partai Amanat Nasional (PAN) yang mengusung pasangan Syamsuar-Edy Nasution.

Syamsurizal mengatakan, setelah tidak jadi maju pada kontestasi pemilihan gubernur Riau, dirinya banyak ditanya oleh loyalisnya terkait siapa yang akan mereka dukung pada pilkada Juni mendatang.

"Tidak sedikit yang meminta arah dukungannya ke mana usai dipastikan saya tidak maju ke Pilgub Riau. Ya, saya jawab saya ke Firdaus-Rusli Effendi," kata Syamsurizal, Senin (22/1/2018).

Meski demikian, mantan kepala Inspektorat Provinsi Riau ini tidak menampik tidak sedikit pula loyalisnya tidak sejalan dengannya dalam pilihan di Pilkada. Syamsurizal mengatakan dirinya tidak akan melarang orang-orang yang awalnya mendukungnya maju di Pilgub Riau lalu berbelok mengalihkan dukungan ke pasangan calon lainnya.

"Kalau saya yang tampil langsung, tentu akan berbeda. Nah sekarang ini
kalau pun ada yang belok, ya sesuatu yang wajar saja dan itu kan hak mutlak mereka. Tapi tidak sedikit yang bertanya langsung untuk meminta kemana arah dukungan di Pilgub Riau ini," ungkapnya.

Sebagai salah satu tokoh masyarakat di kawasan Riau Pesisir, Syamsurizal tetap yakin jika basis suara mulai dari Rohil, Dumai, Bengkalis, Meranti dan Siak masih akan tetap ada meskipun dirinya batal maju di Pilgub Riau dan mengalihkan dukungan ke Firdaus-Rusli.

"Karena saya dipercayakan untuk mengemas di kawasan pesisir. Yang jelas saya akan berusaha untuk memenangkan Firdaus-Rusli sesuai dengan komitmen. Saya akan berusaha keras memberikan informasi ke masyarakat sebagai timses dan mengoptimalkan untuk berkeliling ke kawasan pesisir," pungkasnya.

Sebelumnya, sejumlah pemuda yang mengaku sebagai pendukung mantan Bupati Bengkalis, Syamsurizal, mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Syamsuar-Edy Afrizal Natar Nasution.

Deklarasi ini digelar beberapa saat setelah Syamsurizal menyatakan dukungan kepada pasangan Firdaus-Rusli Effendi yang diusung partai demokrat dan PPP itu.

"Kami sangat menghormati keputusan politik beliau untuk mendukung Firdaus. Namun kami tidak bisa mengikuti langkah beliau untuk mendukung Firdaus, lain hal jika pak Syamsurizal yang maju dan mencalonkan diri, kami akan berjuang sekuat tenaga," ungkap Donal Jack salah seorang pendukung Syamsurizal.

Menurut Donal, keputusannya tidak mengikuti langkah Syamsurizal karena tidak sesuai dengan semangat perjuangan wilayah pesisir.

Syamsurizal pernah menyatakan niatnya maju di Pilkada Riau 2018. Ia sempat datang ke KPU Riau mendaftarkan diri sebagai bakal calon berpasangan dengan mantan Sekda Riau, Zaini Ismail .

Keduanya mendaftarkan diri dengan klaim didukung dua partai yakni PKB dan Gerindra. Karena saat pendaftaran tidak di dampingi ketua dan pengurus partai sesuai dengan aturan yang berlaku, pendaftaran mereka tidak bisa dilanjutkan oleh KPU. (Datr)

Tulis Komentar