Diskes Pastikan Belum Ditemukan Kasus Difteri di Inhil

Sabtu, 06 Januari 2018 | 23:04:43 WIB
Diskes Pastikan Belum Ditemukan Kasus Difteri di Inhili Foto: Zainal Arifin

GENTAONLINE.COM-Meski menjadi kasus luar biasa dan sudah banyak kabupaten/kota di Indonesia yang ditemukan kasus Difteri, namun untuk Inhil, Riau sendiri, Dinas Kesehatan memastikan kasus tersebut tidak ditemukan di Negeri berjuluk Seribu Parit ini.

''Sampai hari ini belum ditemukan penderita Difteri,'' ujar Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Zainal Arifin kepada wartawan Sabtu, 6 Januari 2018.

Ditempat terpisah, Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan, Irianto membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan bahwa belum ada menerima pasien dengan suspek Difteri.

Meski tidak ada ditemukannya kasus dari penyakit infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan ini, namun dikatakannya RSUD Puri Husada memiliki peralatan yang lengkap untuk pengobatan penyakit tersebut. ''Seperti ruang isolasi, peralatan, obat hingga Dokter Spesialis Anak dan THT kita sudah ada,'' ujarnya.

Karena penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae tidak ditemukan di Inhil, maka dikatakannya tidak akan dilakukan imunisasi ulang kepada masyarakat Inhil.

''Tapi jika ada satu saja kita temukan kasusnya, terpaksa harus dilakukan imunisasi kepada seluruh masyarakat Inhil,'' tutup Irianto. (*)

Tulis Komentar