Budidaya Perikanan, Salah Satu Fokus DKP Bengkalis

Jumat, 29 Desember 2017 | 18:15:21 WIB
Budidaya Perikanan, Salah Satu Fokus DKP Bengkalisi Foto:

GENTAONLINE.COM-Berbagai program dan kegiatan digulirkan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis sepanjang tahun 2017 dalam upaya pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Negeri Junjungan.

Tujuannya tak adalah bagaimana mengoptimalkan sumberdaya perikanan yang dimiliki daerah ini, guna meningkatkan dan mensejahterakan ekonomi masyarakat yang secara langsung akan berimbas pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) di luar sektor minyak dan gas.     

Salah satu yang menjadi perhatian atau fokus DKP untuk meningkatkan dan mesejahterakan ekonomi masyarakat serta PAD adalah budidaya perikanan. Saat ini ada 3 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang menekuni budidaya perikanan tambak udang, benih ikan tawar dan benih ikan pantai. Dalam 2 tahun terakhir, sektor ini terus mengalami peningkatan sehingga berpotensi mendongkrak PAD  Bengkalis.

Tiga  UPT yang dimiliki  Dinas Kelautan dan Perikanan adalah UPT Budidaya Benih Ikan Pantai di Desa Teluk Papal (Kecamatan Bantan), UPT Budidaya Ikan Tawar di Desa Balai Raja (Kecamatan Pinggir dan UPT  Produksi Udang di Desa Penebal (Kecamatan Bengkalis).

Selain budidaya, tahun 2017 ini DKP Bengkalis juga melakukan pelatihan dan pembinaan terhadap kelompok ekonomi masyarakat pesisir. Ada tiga kecamatan yang menjadi sasaran, yakni Kecamatan Bengkalis, Kecamatan Bantan dan Kecamatan Rupat Utara.

Dalam pelatihan ini, masyarakat pesisir diberi pembinaan dalam memanfaatkan hasil perikanan laut untuk diolah menjadi beraneka ragam makanan seperti nuget dan ebi. Tidak hanya sampai di situ, DKP juga membantu mempromosi produk yang dihasilkan kelompok ekonomi masyarakat pesisir itu dengan mengikuti pameran.

Sejalan dengan program nasional, DKP juga terus menggalakkan masyarakat gemar makan ikan dengan melakukan sosialisasi melalui lomba masak serban ikan dan bakar ikan sempena peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) dan kegiatan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). (rls)

Tulis Komentar