Disamping Tes Urine Pejabat Pemprov, ini yang Dilakukan BNNP Riau Sepanjang Tahun 2017

Rabu, 27 Desember 2017 | 17:23:07 WIB
Disamping Tes Urine Pejabat Pemprov, ini yang Dilakukan BNNP Riau Sepanjang Tahun 2017i Foto:

GENTAONLINE.COM-Sepanjang tahun 2017 Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau telah melakukan tes urine terhadap 8.828 orang dari instansi pemerintah dan swasta dengan 120 orang hasilnya positif terindikasi konsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang.

"Kita dapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Riau dengan hibah 1500 anggotanya dites urine dari beberapa instansi" sebut Kepala BNNP Riau, M. Wahyu Hidayat dihadapan awak media, Rabu, 27 Desember 2017 di aula Kantor BNNP Riau, Pekanbaru.

Masih kata Wahyu, hasil dari tes positif tersebut tindaklanjutnya diserahkan kepada instansi masing-masing. Beberapa diantaranya ada yang menerapkan pegawai langsung diberhentikan seperti oleh Bank Riau Kepulauan Riau dan Perusahaaan Terbatas Perkebunan Nusantara V.

Ditambahkan Kabid Pemberantasan BNNP Riau AKBP Haldun, selain melakukan tes urine terhadap lembaga, BNNP Riau juga melaksanakan hal serupa kepada masyarakat. Itu dengan melakukan razia karoeke dan tempat hiburan malam. "Ada 13 kali razia selama 2017 dan 93 orang terindikasi positif" ujarnya.

Disamping melakukan penindakan dan pencegahan seperti prinsip BNNP Riau 'Mencegah lebih baik daripada mengobati', juga merehabilitasi para penyalahguna narkoba. Ada 693 penyalahguna narkoba yang direhabilitasi di balai rehab Lido Bogor, Batam, dan Kampar karena BNNP Riau yang belum punya tempat rehabilitasi.

Namun BNNP Riau juga menyediakan layanan rawat jalan terhadap orang yang positif narkoba. Ada delapan kali pertemuan atau asesesmen bagi mantan penyalahguna narkotika yang saat ini berjumlah 164 orang. "Yang sedang proses hukum juga ada 81 orang menjalani rehabilitasi" imbuh Wahyu.

Ditahun ini, BNNP Riau juga telah melakukan 370 kegiatan pencegahan dan pemberdayaan masyarakat berupa penyuluhan, advokasi, dan diseminasi informasi. Kegiatan itu melibatkan 5.614 orang dari berbagai kalangan, baik kelompok masyarakat, pekerja, maupun pelajar.

Turut hadir Kabid Rehabilitasi dr. Yana, Kepala BNNK Pekanbaru Sukito, Kepala BNNK Pelalawan Andi Salamun dan Kepala BNNK Kuansing Wim Jefrizal. (Genta/nn)

Tulis Komentar