Polresta Sisir Ruas Jalan di Pekanbaru, Ini yang Ditemukan

Selasa, 26 Desember 2017 | 15:00:41 WIB
Polresta Sisir Ruas Jalan di Pekanbaru, Ini yang Ditemukani Foto:

GENTAONLINE.COM-Tim Ranjau Paku dari Polresta Pekanbaru, Riau melakukan penyisiran disepanjang ruas Jalan Tuanku Tambusai/Nangka. Hasilnya, dua ember benda-benda yang terbuat dari besi berhasil dibersihkan dari jalan raya, dengan berat sekitar 5 kg.

Kegiatan ini menyusul banyaknya laporan masyarakat pengguna jalan, yang ban kendaraannya baik roda dua maupun roda empat kerap bocor saat melintas di jalan tersebut. Hal itu disebabkan banyaknya paku yang bertebaran, terutama di lajur kanan jalan.

Mobil modifikasi Polresta Pekanbaru yang sudah dipasangi magnet dibagian bawahnya ini berhasil menarik besi-besi yang bertebaran di Jalan Tuanku Tambusai Selasa siang, 26 Desember 2017, yang didominasi paku hingga besi berkarat. Ada dua ember yang terkumpul dalam waktu singkat.

Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edi Sumardi Priadinata yang memimpin pembersihan paku tersebut mengungkapkan, kegiatan digelar untuk meminimalisir gangguan yang dialami pengguna jalan, di mana bannya bocor akibat terlindas paku disepanjang Jalan Tuanku Tambusai.

Bukan tanpa alasan, lantaran hal tersebut dapat memicu potensi kejahatan lain, di mana korbannya mengalami bocor ban di jalanan. Bahkan bisa berdampak dengan terjadinya kecelakaan, jika tiba-tiba ban kempis saat tengah melaju di jalan raya.

Selain mengerahkan mobil pembersih paku yang sudah dimodifikasi, aparat yang dilibatkan juga melakukan penyisiran dengan berjalan kaki disepanjang jalan. Melihat upaya kepolisian, warga sekitar pun ikut membantu bersama-sama mengutip paku-paku dan besi yang bertebaran.

Benda-benda tersebut secara kasat mata memang tak terlihat, karena ukurannya cukup kecil. Namun saat mobil Ranjau Paku melintas, besi-besi ini seketika tertarik oleh magnet yang sengaja dipasang memanjang dari kiri ke kanan di kendaraan modifikasi.

AKBP Edi Sumardi melanjutkan, kegiatan tim Ranjau Paku Polresta Pekanbaru ini akan diintensifkan diruas jalan lainnya yang juga banyak laporan terkait adanya kendaraan masyarakat yang bocor akibat tebaran paku dan besi tersebut.
"Kita ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyakarat pengguna jalan, agar tidak mengalami kejadian bocor ban akibat paku dan besi-besi. Ini akan kita maksimalkan, terutama di jalan lain yang juga ada kejadian serupa," ujar AKBP Edi. (Genta/gr)

Tulis Komentar