Siak Satu-satunya Daerah Sehat di Riau

Rabu, 29 November 2017 | 14:59:21 WIB
Siak Satu-satunya Daerah Sehat di Riaui Foto:

GENTAONLINE.COM-Kabupaten Siak menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Riau ini yang mendapat penghargaan sebagai kabupaten/kota Sehat. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, Toni Candra, kepada wartawan, Selasa (28/11/2017), mengatakan, penyerahan sertifikat penghargaan ini berlangsung di Kantor Mendagri, Jakarta. Penghargaan dari Menteri Kesehatan ini diterima Bupati Siak. "Ya, satu-satunya kabupaten di Riau ini cuma Siak yang mendapat penghargaan kabupaten sehat," ungkap Toni.

"Alhamdulillah, Kabupaten Siak mendapat penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba kategori Padapa," kata Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSI, seusai menerima penghargaan.

Penghargaan untuk Kabupaten Siak ini, sambung Syamsuar, untuk memotivasi kami bersama seluruh jajaran kesehatan agar bekerja lebih giat bersama OPD terkait dan para camat serta lurah maupun penghulu.

Tak lupa Syamsuar mengucapkan terima kasih atas dukungan partisipasi, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Begitu juga kepada para kader posyandu, Ibu PKK dan semua organisasi yang peduli kepada kesehatan serta partisipasi perusahaan dan masyarakat. 

Terkait penyelengaraan kabupaten sehat di Kabupaten Siak, hal ini merupakan penyelarasan kebutuhan masyarakat sesuai dengan arah dan kebijakan pembangunan daerah serta memberdayakan masyarakat untuk mewujudkan kabupaten/kota sehat.
“Ini semua diakomodir dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah baik dalam RPJMD Kabupaten Siak 2016-2021 maupun dalam rencana strategis pada masing-masing OPD,” kata Syamsuar.

Adapun yang menjadi tatanan kabupaten sehat di Kabupaten Siak, yakni kawasan pemukiman, sarana dan prasarana serta kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dengan cakupan di delapan kecamatan.

Sebagai kota wisata, kata Syamsuar, Kabupaten Siak tidak hanya memperhatikan kesehatan masyarakatnya namun juga peduli dengan kesehatan wisatawan sehingga dibuatlah Perda Wisata Halal. (*)

Tulis Komentar