PPDB SMPN Tahun 2022, Pendaftar Jalur Zonasi Lebihi Kuota

Selasa, 05 Juli 2022 | 09:26:44 WIB
PPDB SMPN Tahun 2022, Pendaftar Jalur Zonasi Lebihi Kuotai Foto:

GENTAONLINE.COM - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 tingkat SMP negeri Kota Pekanbaru berakhir hari ini Selasa (4/7). Sejumlah jalur pendaftaran sudah melebihi kuota yang disediakan. 

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mendata PPDB lewat jalur zonasi ternyata sudah melebihi kuota yang ada. Jumlah pendaftar jalur zonasi hingga saat ini mencapai 6.292 orang.

Sedangkan kuota untuk jalur zonasi hanya 5.966 orang. Calon peserta didik yang lokasi tempat tinggalnya dekat dengan sekolah punya kemungkinan besar lolos dalam seleksi PPDB.

"Saat ini kita lihat dari data jalur zonasi cukup banyak, tapi yang diterima tentu anak yang dekat dengan sekolah," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Muzailis, Senin (4/7). 

Ia memaparkan, kuota PPDB tahun ini di SMP negeri yang ada di Kota Pekanbaru mencapai 9.079 orang. Pendaftar jalur pindah orangtua masih sepi yakni 50 orang dari 541 kuota tersedia. 

Sementara jalur lainnya dalam PPDB yakni jalur affirmasi baru 672 orang dari 1.276 kuota. Lalu jalur prestasi akademik 281 orang dari 859 kuota.

Ada juga jalur prestasi non akademik sebanyak 149 pendaftar dari 527 kuota yang ada. Dirinya memastikan untuk PPDB hingga kini masih berjalan lancar. 

Ia juga menampik, terkait adanya laporan yang diterima terkait keluhan dari orangtua calon peserta didik terkait susahnya masuk ke sistem aplikasi. 

"Mungkin ada satu dua (orangtua) yang tidak paham, mungkin mereka tidak mau pula bertanya ke sekolah ataupun ke dinas, jadi mereka anggap sulit," jelasnya. 

Pihaknya juga membuka layanan pengaduan di setiap sekolah yang membuka PPDB. Layanan ini bisa membantu masyarakat terkait adanya gangguan sistem selama PPDB berlangsung.(rmc).
 

Tulis Komentar