Pj Bupati Kampar H. Kamsol Sah Jadi Anak Kemanakan Suku Piliang di Kenegerian Sekijang Tapung Hilir

Senin, 27 Juni 2022 | 16:23:51 WIB
Pj Bupati Kampar H. Kamsol Sah Jadi Anak Kemanakan Suku Piliang di Kenegerian Sekijang Tapung Hiliri Foto: Prosesi adat 'Pulang Mamak' Pj Bupati Kampar H. Kamsol kepada Suku Piliang di Tapung Hilir, Kampar. Ahad (26/6/2022).

KAMPAR - Ahad 26 juni 2022 Pj Bupati Kampar DR. H. Kamsol, MM melakukan prosesi adat dengan di lakukan nya acara pulang mamak di persukuan Piliang di kenegerian sekijang, acara adat yang di lakukan di rumah adat kenegerian sekijang 

Dalam acara tersebut di hadiri oleh perangkat pemerintah porkopinda kampar, perwakilan LAM Riau dan ketua LAM kampar serta tokoh tapung juga turut hadir.

Dalam penyampaian nya DR. H. Kamsol sangat senang dan berterimakasih kepada masyarakat sekijang karna sudah Menyambut dan melakukan acara seperti ini, beliau juga mengatakan untuk selalu bekerja sama antara pemerintahan dan lembaga adat serta alim ulama sesuai falsafah adat “ tigo tungku sajorangan tali bapilin tigo “

Dalam acara tersebut Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAKTA juga memberikan sambutan yang di wakili oleh Drs. Khaidir Muluk, M.Si datuk majo indo yang  menyampaikan ucapan selamat kepada pj bupati kampar DR. H. Kamsol, MM yang sudah melakukan prosesi pulang mamak dan sudah sah menjadi anak kemanakan kenegerian Sekijang Tapung.

Ketua Umum IKST H. Sapaat Datuk Laksamano Mudo  dalam sambutan nya menyampaikan selamat atas pulang mamak  DR. H. Kamsol, MM di Kenegerian Sekijang, Tapung. 

Negeri Tapung termasuk Sekijang ini masyarakatnya sdh ada sejak sebelum abad ke 12 dimana masa itu berpayung ke Kerajaan Petapahan yang hari ini Eks wilayahnya masuk Kec. Tapung Hilir, Kec. Tapung, Kec Tapung Hulu Kampar dan Kecamatan Kabun serta Kecamatan Tandun Rokan Hulu tuturnya.

Di tempat terpisah ketua Panitia acara pulang mamak H kamsol Datuk Bagindo Mudo Rais Hasan Piliang (RHP), menyampaikan terima kasih sebesar besarnya terhadap semua pihak baik internal IKST dan para tokoh masyarakat Tapung yg telah bahu membahu demi sukses acara ini, semoga nilai nilai adat selalu mewarnai setiap kebijakan pemerintah kabupaten kampar untuk masa depan.

Tokoh masyarakat sekijang H. Taridi, S.Hi dalam sambutan nya mengucapkan selamat atas pulang mamak pj bupati kampar dan beliau juga berharap pemerintah kampar bisa memperhatikan desa sekijang karna masih banyak tertinggal khususnya di bidang inprastruktur, mudah mudahan bisa lebih memperhatikan desa sekijang terutama akses jalan dalam pembangunan insprastruktur, pungkasnya.

M. Danil Mustopa, tokoh muda Tapung berharap dengan jadi anak kemanakan persukuannya Pj Bupati bisa menambah daya juang untuk pemekaran kecamatan di wilayah Tapung. 

"Kita berharap pak Pj Bupati tidak hanya berbicara hari ini, melainkan juga melihat jauh kedepan. Ada jasa yang dikenang nantinya bagi kami. Salah satunya pemekaran kecamatan mesti difasilitasi" ujarnya . (Rls)

Tulis Komentar