Gubri Ingin Jalan Arifin Ahmad Dijadikan Sebagai Zona KHAS

Senin, 13 Juni 2022 | 09:24:48 WIB
Gubri Ingin Jalan Arifin Ahmad Dijadikan Sebagai Zona KHASi Foto:

GENTAONLINE.COM - Jalan Arifin Ahmad Kota Pekanbaru ditunjuk Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar sebagai tempat pengembangan Zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (KHAS). 

Namun, tidak hanya disitu, Zona KHAS nantinya diharapkan akan menyebar kesemua daerah, yang bertujuan untuk memulihkan perekonomian melalui kuliner khas daerah Riau. 

Sesuai dengan namanya (Zona KHAS), tentu UMKM yang menyediakan kuliner sudah memiliki sertifikat halal, juga menyediakan tempat salat dan wudhu, serta memastikan kuliner aman dan sehat. 

Sementara untuk sertifikasi halal, lanjut Gubri Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) siap membantu dan mendukung UMKM untuk dibiayai oleh Baznas. Oleh karena itu, ia berharap lembaga-lembaga lain seperti Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan lainnya bisa membantu dan memanfaatkan ini agar UMKM di Riau memiliki sertifikat halal. 

"Jika Zona KHAS ini kita wujudkan, berarti kita sudah sama dengan wisata yang ada di Padang Sumatera Barat dan Bandung, karena Zona KHAS baru ada disana," kata Syamsuar di Pekanbaru, Sabtu (11/6/2022). 

Bahkan, Gubernur Syamsuar juga menyediakan Pergub yang berkaitan dengan desain pembangunan Ekonomi Syariah, dan mempersiapkan tim Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS). 

"Ini juga arahan pak Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin supaya semua daerah memiliki tim Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah," jelas Syamsuar. 

Untuk itu, Syamsuar terus mendorong Zona KHAS tidak hanya dibangun di Kota Pekanbaru, tetapi semua kabupaten dan kota di Provinsi Riau agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi daerah. (rtc)

Tulis Komentar