Anak Kemenakan Minta Pucuk Adat Denda Haji Alwi 20 Ekor Kerbau dan Diusir dari Kampung

Senin, 10 Januari 2022 | 09:22:49 WIB
Anak Kemenakan Minta Pucuk Adat Denda Haji Alwi 20 Ekor Kerbau dan Diusir dari Kampungi Foto: Arul Kampai

Kampar--Anak kemenakan di Kabupaten Kampar akan membubarkan acara pelantikan pengurus LAMR Kampar, para panglimo sakti, ribuan dubalang, datuk, siompu akan melakukan gerakan masal. 

Demikan diungkapkan Koordinator Anak Kemenakan dari Persukuan Kampai, Khairul Azwar kepada wartawan senin (10/01) pagi. 

Menurut Khairul Azwar pihaknya mengecam oknum yang mengaku para datuk telah membuat acara Musda LAMR secara ilegal tanpa melibatkan pucuk pimpinan adat di Kampar sebagai penguasa ulayat. 

"Itu tidak sah dan kami menolak H Alwi sebagai ketua, kami menolak orang yang tidak mengerti adat mengacau sistem tatanan adat di bumi Andiko" tegas pria yang akrab di Panggil Arul Kampai. 

Kita bersepakat bahwa Kampar sebagai ras Melayu tua, namun semua keputusan harus dimusyawarahkan dulu bukan dengan cara-cara melanggar adat. 

"Kami minta pucuk pimpinan adat di Kampar menjatuhkan denda adat kepada H Alwi sejumlah 20 ekor kerbau dan diusir dari Kampung selama 10 tahun" tegas Arul. 

H Alwi Terpilih Ketua LAMR Kampar. 

Dr. K.H. Alwi Arifin, Lc S.Pd sah terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu Riau (DPH LAMR) Kabupaten Kampar Tahun 2022-2027 secara aklamasi.
 
Pemilihan Ketua DPH LAMR Kabupaten Kampar ini melalui Musyawarah Daerah ke II LAMR Kabupaten Kampar. Pemilihan Ketua LAMR di laksanakan di ballroom Hotel Ayola Panam, Pekanbaru, (9/1/2022).
 
Seluruh peserta Musda II LAMR di 21 kecamatan Kabupaten Kampar semua hadir dan menyetujui Dr. K.H. Alwi Arifin sebagai Ketua DPH LAMR Kabupaten Kampar periode 2022-2027.
 
Turut hadir dalam Musda LAMR II Kabupaten Kampar tersebut, Ketua DPH LAMR Provinsi Riau, Datuk Seri Syahril Abubakar, Bupati Kampar yang diwakili oleh Asisten I Setda Drs. Ahmad Yuzar, M.Si, Tokoh Masyarakat Tambang, Ranayus, Wakil Ketua DPRD Kampar Repol, S.Ag, Niniok Datuok Rajo Duobalai, Abdul Malik, S.Ag, Ketua APDESI terpilih Provinsi Riau, Abdul Rachman Chan, Ketua KNPI Kampar Abu Nazar. 
 
Terpilih nya Buya Alwi panggilan akrab sapaan Dr. K.H. Alwi Arifin tersebut secara aklamasi dikarenakan calon tunggal, ucap Ketua Panitia pelaksana Musda II LAMR Kabupaten Kampar, Suhaili Datuok Bandaro Mudo kepada awak media.
 
Alhamdulillah berkat doa kita bersama acara Musda ke II LAMR Kabupaten Kampar ini berjalan sukses tanpa ada hambatan, kata Datuk Suhaili.
 
Datuok Suhaili mengucapkan terimakasih kepada peserta Musda LAMR Kabupaten Kampar dan para undangan yang sudah ikut berpartisipasi memberikan dukungan kepada Lembaga Adat Melayu Riau khususunya di Kabupaten Kampar.
 
Sementara itu, Ketua LAMR Kabupaten Kampar terpilih Dr. K.H. Alwi Arifin, Lc., S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh unsur elemen Tokoh Masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk membesarkan Lembaga Adat Melayu Riau di Kabupaten Kampar.
 
“Insya Allah LAMR ini akan kita besarkan bersama-sama di Kabupaten Kampar sesuai dengan AD/ART LAMR ini nantinya dan kita juga akan segera membentuk pengurus Kabupaten, Kecamatan dan Seluruh Desa di Kabupaten Kampar,” ujar Buya Alwi.
 
LAMR Kabupaten Kampar ini nantinya juga akan merangkul seluruh elemen dan Tokoh-tokoh Masyarakat Kabupaten Kampar itu kedepan yang akan kita lakukan, kata Buya Alwi. (*) 

Edi Lelek

Tulis Komentar