Dukung Komitmen Pemerintah Basmi Mafia Tanah, ini Harapan Pekat IB pada Kapolda Riau yang Baru

Sabtu, 08 Januari 2022 | 16:07:21 WIB
Dukung Komitmen Pemerintah Basmi Mafia Tanah, ini Harapan Pekat IB pada Kapolda Riau yang Barui Foto: Ketua Pekat IB Riau H. Edy

 

GENTAONLINE.COM-Persoalan sengketa lahan 'Resto Kampung Kecil' yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman, Pekanbaru resmi dilaporkan ahli waris didampingi oleh LBH Pekat IB Riau. Menariknya, tidak hanya terduga penyerobot / pemalsu surat tanah, owner resto Kampung Kecil Pekanbaru Sukeri turut dilaporkan ke Polda Riau. Hal itu tertuang dalam STPL nomor LP/B/13/I/2022/SPKT/POLDA RIAU.

"Ya, benar. Beliau selama ini menjadi penyewa lahan yang bisa kita sebut masih bersengketa. Seharusnya, dalam sikon seperti ini beliau bisa kooperatif dan bersikap bijaksana" tutur Ketua LBH Pekat IB Riau Helmi Yardi, SH membenarkan, Jum'at (7/1).

Terpisah, Ketua Pekat IB Riau H. Edy menyampaikan akan mengawal kasus tersebut hingga tuntas. Salah satu komitmen Pekat IB Riau sebagai organisasi masyarakat yakni sebagai Control Sosial terhadap penegakkan supremasi hukum di Indonesia, khususnya di Riau. "Sangat disayangkan, ini sudah kesekian kali kami menerima laporan dari masyarakat yang merasa sulit mendapatkan hak-haknya, terkhusus soal penyerobotan lahan oleh mafia-mafia tanah di Pekanbaru, maupun di Riau. Tentu tak bisa dibiarkan, kami akan bantu semaksimal mungkin dan mengawal hingga tuntas" terangnya, Sabtu pagi (8/1).

Hingga saat ini, Pekat IB Riau masih menunggu itikad baik dari pihak-pihak terlapor. "Baik dari pihak Kampung Kecil yang sampai saat ini masih memanfaatkan lahan bersengketa untuk usahanya, juga itikad baik dari Salikun Djono agar menyelesaikan permasalahan dengan ahli waris yakni Miskat Laduni" sebut H. Edy.

H. Edy berharap kedepan Pekat IB Riau semaksimal mungkin selau menjadi pionir bagi masyarakat yang mencari keadilan, khususnya masyarakat Riau. Ia juga meminta kepada Kapolda Riau yang baru, Irjen Mohammad Iqbal untuk memberikan atensi khusus terhadap persoalan sengketa lahan di Riau dalam rangka pemberantasan mafia-mafia tanah di bumi lancang kuning.

"Kita menaruh harapan besar kepada pak Kapolda Irjen M. Iqbal untuk serius dalam menindak persoalan sengketa lahan/tanah di Riau. Dan kita siap bersinergi memenuhi keinginan presiden Joko Widodo, yang diinstruksikan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memberantas mafia-mafia tanah hingga ke akarnya" tutup H. Edy. (Erik)

Tulis Komentar