Firli Bahuri Ajak Kepala Daerah Beri Jaminan Kemudahan Investasi dan Perizinan Usaha

Rabu, 01 Desember 2021 | 10:14:31 WIB
Firli Bahuri Ajak Kepala Daerah Beri Jaminan Kemudahan Investasi dan Perizinan Usahai Foto:

GENTAONLINE.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ingin daerah memberi kepastian dalam kemudahan investasi dan perizinan usaha agar dapat mewujudkan tujuan negara.


Harapan otu disampaikan langsung Ketua KPK Firli Bahuri saat memberikan sambutan pembukaan rangkaian acara Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021 di daerah pertama dari lima daerah yang diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu pagi (1/12).

Dalam acara yang dihadiri kepala daerah dari Sulawesi dan Kalimantan ini, KPK mengingatkan kepala daerah untuk memiliki lima peran dalam mewujudkan tujuan negara sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 Alinea Keempat.


"Lima peran kepala daerah, adalah Bapak diberikan mandat untuk mewujudkan tujuan negara. Tolong ini di saat bapak kampanye, di saat bapak melaksanakan mendaftarkan diri sebagai kepala daerah, jangan lupa tanamkan tujuan bapak menjadi kepala daerah adalah ingin mewujudkan tujuan negara," ujar Firli.

Selanjutnya kata Firli adalah kepala daerah mempunyai tanggungan jawab menjamin stabilitas politik dan keamanan. Karena, tidak akan pernah program nasional dan program pembangunan daerah bisa berjalan tanpa adanya stabilitas politik dan keamanan yang terjamin.

"Pandai-pandai lah kepala daerah berkomunikasi dengan rekan-rekan legislatif. Bangun sinergi dengan kawan-kawan yang ada di parlemen, baik di DPRD tingkat 1 Provinsi, Kabupaten/Kota. Kenapa? Karena dia memiliki kekuasaan luar biasa, terutamanya adalah hak budgeting. Sungguh elok apabila gubernur, Bupati/walikota menjaga sinergitas, menjaga komunikasi yang baik, dalam rangka melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan tujuan negara," jelas Firli.

Kemudian, menjamin keselamatan masyarakat dari segala gangguan, baik bencana alam maupun bencana non-alam.

Firli menekankan bahwa pihaknya menghargai karya besar anak bangsa seluruh insan, seluruh warga negara Republik Indonesia yang telah mengambil peran menghadapi Covid-19 dan sekaligus juga melakukan upaya-upaya penanganan Covid dan mengambil kebijakan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada rekan-rekan semua," terang Firli.

Yang paling penting kata Firli adalah menjamin kepastian kemudahan investasi dan perizinan usaha dan berkaitan dengan seminar pada hari ini bertajuk "Transformasi Perizinan Berbasis Resiko pada Sektor Pertambangan".

"Kami dari KPK sungguh berharap, tidak ada lagi tindak pidana korupsi terkait dengan perizinan investasi dan perizinan kemudian usaha," tegas Firli.

Karena kata Firli, hal tersebut sangat penting agar pertumbuhan ekonomi nasional dapat berjalan dengan baik. Firli pun juga membeberkan tiga hal penting dalam pertumbuhan ekonomi.

"Yang pertama adalah belanja APBN maupun APBD. Karenanya kami berharap, kepala daerah, bupati, gubernur dan walikota, bekerjasama dengan DPRD supaya cepat pengesahan APBDnya, dan supaya cepat juga eksekusi serta pelaksanaan anggarannya. Tetapi tetap lah dilaksanakan secara profesional, akuntabel, bertanggungjawab dan tidak ada ruang melakukan korupsi," tutur Firli.

Selanjutnya adalah konsumsi masyarakat. Belanja konsumsi masyarakat sangat dipengaruhi pendapatan masyarakat.

"Nah terkait dengan kata kunci belanja konsumsi masyarakat, ini erat kaitannya dengan investasi dan kemudahan usaha. Kalau investasi diberikan kemudahan, maka banyak investor yang membuka usaha. Dengan banyaknya lapangan usaha dibuka, maka tentu lah akan menyerap tenaga kerja," kata Firli.

"Dengan tenaga kerja yang banyak diserap, maka akan juga mendatangkan dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Kalau saja pendapatan masyarakat meningkat, tentulah juga belanja konsumsi masyarakat meningkat. Dan tujuan berikutnya adalah, memajukan kesejahteraan umum juga bisa tercapai. Pendapatan masyarakat meningkat, tentu juga bisa mencerdaskan anak bangsa bisa tercapai," sambung Firli.

Yang terakhir adalah, pertumbuhan ekonomi dipengaruhi karena investasi.

"Karena itu kami meminta kepada rekan-rekan semua, berikan kemudahan investasi dan kemudahan berusaha," pungkas Firli.(rml)

Tulis Komentar